Anggota Dewan: Program Mencetak 10 Ribu Wirausahawan Pemko Padang Hanya “Lips Servive”

Anggota Dewan: Program Mencetak 10 Ribu Wirausahawan Pemko Padang Hanya “Lips Servive”
BENTENGSUMBAR.COM - Salah satu program Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah yang menuai pujian dari berbagai kalangan adalah mencetak 10.000 wirausahawan baru. Ironisnya, program itu dianggap sekedar "manis di mulut" saja alias "lips service".

Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa, Wismar Pandjaitan menilai program mencetak 10 ribu wirausahawan yang digagas Pemko Padang hanya program "lips service". 

Buktinya, hingga empat tahun kepemimpinan Mahyeldi Ansharullah sebagai wlikota Padang tidak ada geliat peningkatan ekonomi masyarakat.

Dikatakan Wismar, memang Pemko mengklaim program tersebut sudah jalan dengan didasari banyaknya perizinan, akan tetapi tidak adanya geliat ekonomi di tengah masyarakat menandakan program unggulan tersebut dinilai gagal.

Menurut Wismar, seharusnya Pemko Padang mampu melaksanakan program tersebut, mengingat setiap kecamatan memiliki sentra ekonomi. 

“Saya amati, pada beberapa kecamatan, masyarakat memiliki home industry atau usaha kecil menengah yang bias dikembangkan. Sayangnya, Pemko tidak melihat potensi yang ada,” tegas Wismar dalam beberapa kesempatan.

Anggota DPRD Padang dari dapil Koto Tangah ini menilai gagalnya Pemko Padang menjalankan program tersebut disebabkan tidak adanya data soal sentra ekonomi yang dimiliki stakeholder terkait. 

Selain itu, stakeholder juga tidak memiliki perencanaan yang matang dalam upaya menciptakan 10 ribu wirausahawan di Kota Padang.

Pada kesempatan ini Wismar juga mengkritik pelatihan kewirausahawan yang selama ini dilaksanakan Pemko Padang tidak memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. 

Wismar tidak hanya mengkritik program 10 ribu wirausahawan, tetapi juga mengkritik pelayanan publik. Wismar menilai masih banyak persoalan pelayanan publik yang harus dibenahi Pemko terutama parkir, pasar raya dan terminal. 

Bahkan, untuk pelayanan publik Wismar berani memberi Pemko rapor merah. 

“Kalau persoalan pantai bersih, Pemko jangan jumawa dulu. Itukan berkaitan dengan IORA sehingga dibantu Angkatan Udara. Setelah pelaksanaan IORA coba lihat sekarang, banyak masyarakat kembali berjualan ikan di sepanjang pantai,” tegas Wismar. (by/ag)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »