PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Uni Eropa: Kesepakatan Nuklir Iran Milik Masyarakat Dunia

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini.

Uni Eropa: Kesepakatan Nuklir Iran Milik Masyarakat Dunia
BENTENGSUMBAR. COM - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini mengatakan, kesepakatan nuklir Iran atau Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) adalah milik masyarakat dunia.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan televisi Euronews, Senin, 4 Desember 2017, Mogherini menuturkan, kesepakatan nuklir bukan hanya terkait dengan sebuah negara, tapi ia sebuah kesepakatan yang efektif milik masyarakat internasional.

"Komitmen Iran terhadap kesepakatan ini telah dikonfirmasi di semua sembilan laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), sehingga JCPOA akan terus dipertahankan," tegasnya.

Soal hubungan dengan Presiden AS Donald Trump, Mogherini menjelaskan bahwa ia kadang-kadang teringat akan lelucon mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger, yang mengatakan, "siapa yang harus saya hubungi jika saya ingin menelepon Eropa?"

"Sekarang AS punya nomor telepon Eropa, tapi giliran kita untuk bertanya 'Siapa yang harus kita kontak jika kita ingin menelepon Washington?'" ujarnya.

Mogherini juga mengatakan Uni Eropa berkoordinasi dengan AS, Korea Selatan, Jepang, Cina dan Rusia dalam menyikapi Korea Utara. Menurutnya, PBB adalah satu-satunya institusi yang mampu membuka jalan untuk perundingan dengan Pyongyang. 

(Sumber: parstoday.com)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *