Tunggu Hasil Swab, Karyawan Rumah Makan Disarankan Supaya Tidak Bekerja

BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani menyarankan kepada karyawan rumah makan, restoran, kafe dan sejenisnya selama menunggu hasil tes swab agar tidak bekerja dulu. 

Hal ini sebagai antisipasi mencegah terjadinya penularan Covid-19 jika hasil tes swabnya positif.

“Ya, kita sarankan untuk tidak bekerja dulu sampai hasil tesnya keluar. Tinggal diatur pembagian kerjanya, agar usahanya tidak tutup,” ungkap Feri Mulyani, kemarin.

Tak hanya itu, Kadiskes juga menyarankan agar karyawan yang positif diisolasi di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah daerah.

“Kita berharap Asrama Haji juga sudah bisa digunakan untuk menampung pasien positif yang akan menjalani isolasi nantinya,” tuturnya.

Isolasi di Asrama Haji ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan di lingkungan keluarga.

“Supaya tidak terjadi klaster keluarga, maka kita isolasi di tempat lain,” ucapnya.

Kadiskes juga mewanti-wanti para pelaku usaha agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun. 

Fasilitasi Tes Swab 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengatakan siap memfasilitasi pelaksanaan tes swab bagi pengelola dan karyawan rumah makan, restoran, kafe dan sejenisnya di Puskesmas yang ada di Kota Padang.

“Kita punya 23 Puskesmas yang siap melaksanakan tes swab,” katanya, kemarin. 

Karena banyaknya karyawan yang akan menjalani tes swab, dirinya berharap pemilik/pengelola restoran untuk mengirimkan data-data karyawan yang akan mengikuti tes swab, sesuai dengan format yang diberikan Dinas Kesehatan. 

Ini bertujuan untuk memudahkan pengaturan lokasi dan jadwal bagi karyawan yang akan mengikuti tes swab. Sehingga tidak terjadi penumpukan di Puskesmas. 

“Sebab, jika terjadi penumpukan akan rentan timbulnya klaster baru di Puskemas,” tutur Kadiskes.

Terakhir Kadiskes mengharapkan data yang dikirim ke Dinas Kesehatan adalah data yang sebenarnya.

“Kalau karyawannya ada 30 orang, harus dibuat 30 orang. Karena tes swab ini salah satu upaya kita memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” harapnya.

(Charlie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »