Headline

Opini

Parlemen

Sports

Pernah Tumpas Pemberontakan DI/TII hingga PKI, Pasukan Setan Diutus Habisi KKB Papua

          Pernah Tumpas Pemberontakan DI/TII hingga PKI, Pasukan Setan Diutus Habisi KKB Papua
Pernah Tumpas Pemberontakan DI/TII hingga PKI, Pasukan Setan Diutus Habisi KKB Papua.

Pernah Tumpas Pemberontakan DI/TII hingga PKI, Pasukan Setan Diutus Habisi KKB Papua
BENTENGSUMBAR.COM - Pasukan Setan telah berangkat untuk membasmi teroris Organisasi Papua Merdeka (OPM). Pasukan Setan ini merupakan 400 prajurit Batalyon Infanteri 315/Garuda, Bogor. Kemampuan Pasukan Setan dalam menjalankan operasi nggak main-main lho.


Melansir Hops.id, Pasukan Yonif 315/Garuda dikenal atau Pasukan Setan dikenal sebagai pasukan legendaris yang punya pengalaman penuh tempur di medan pegunungan berat lho. Tahu nggak Pasukan Setan ini pernah terjun dalam operasi Timor Timur, pembasmian Angkatan Peran Ratu Adil (APRA) dan DI/TII dan sampai operasi penumpasan gerakan G30S.


Batalyon ini dibentuk 20 Agustus 1949 dengan nama awal Batalyon Y dan bermarkas di daerah Cirebon, Ciamis sampai Kuningan. Pada awal berdiri prajurit batalyon ini dipimpin tiga komandan yaitu Kapten Makhmud di Cirebon, Letda M, Suyogo dari Indramayu dan Lettu Sumaryo dari Banten. 2/Guntur.


Dikutip dari buku Siliwangi dari Masa ke Masa terbitan Kodam VI Siliwangi, Batalyon Y kemudian berganti nama menjadi Batalyon 1515 Siliwangi pada Mei tahun yang sama. Kemudian berganti nama lagi jadi Batalyon 315/Siliwangi.


Kemudian setelah mengalami peremajaan dan reformasi, masuk organik dalam Brigade Infanteri 12/Guntur dan Brigade Infanteri 15/Tirtayasa pada 29 Januari 1963, batalyon ini resmi bernama Batalyon 315/Garuda pada 13 Agustus 1970.


Pasukan Setan sudah menjalani beberapa operasi militer penting lho. Mulai dari awal kemerdekaan sampai masa revolusi, batalyon ini terjun dalam menumpas beberapa pemberontakan.


Misi yang pernah dijalani yaitu:


1. Penghancuran gerompolan Angkatan Perang Ratu Adil di Ciater, Lembang pada 1950

2. Penumpasan gerombolan DI/TII Kartosuwiryo di Malangbong, Garut, Cipanas, Cianjur, Sukabumi, Priangan Timur, Cianjur Utara, Pager Betis di Limbangan sampai Operasi Bhrata Yudha di Pager Agung

3. Penumpasan gerombolan Republik Maluku Selatan di Ambon, Seram Barat

4. Penumpasan gerombolan PRRI di Tapanuli pada 20 November 1959 sampai 20 Mei 1960

5. Operasi Tabah II di Subang, sejak 20 April 1964 sampai 5 Oktober 1964

6. Operasi Dwikora di Riau Daratan pada 25 Maret 1965 sampai 31 Januari 1966

7. Penghancuran G30S di Jakarta pada 31 Januari 1966

8. Pengawalan 2.500 tahanan politik PKI dari Jakarta ke Pulau BUru pada 1969.

9. Lima kali terjun dalam operasi di Timor-Timur


Sebanyak 400 personel Pasukan Setan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon Infanteri 315 Garuda, Kota Bogor dikirim ke Papua untuk mengamankan wilayah Papua dari ancaman teroris.


Pelepasan pasukan setan TNI dari Bogor ke Papua itu turut dilepas Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Danrem Suryakencana 061 Bogor Brigjen TNI Ahmad Fauzie.


Danrem Suryakencana 061 Bogor Brigjen TNI Ahmad Fauzie mengatakan, 400 personel pasukan setan tersebut nantinya bakal bertugas melakukan pengamanan di wilayah konflik Papua selama 9 bulan kedepan atau hingga Januari, Februari 2022 mendatang.


(by)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...