Polemik WNA China ke Indonesia, Satgas Udara: Tidak Ada Pembatasan WNA, Khususnya China

Polemik WNA China ke Indonesia, Satgas Udara: Tidak Ada Pembatasan WNA, Khususnya China
BENTENGSUMBAR.COM - Komandan Satgas Udara Penangan Covid-19, Kolonel Tek Sunu Eko Prasetyo angkat bicara perihal Warga Negara Asing atau WNA China yang tiba di Bandara Soekarno Hatta.


Sunu menyebut kedatangan WNA itu diatur dengan ketentuan yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19.


“Mungkin perlu diluruskan, selama ini WNA tidak dilarang, artinya yang dilarang itu berpariwisata atau berpergian ke Indonesia,” ujar Sunu di Bandara Soetta, Kota Tangerang, Sabtu 8 Mei 2021.


“Untuk WNA yang datang ke Indonesia memang sudah diatur dengan ketentuan yang sudah di tetapkan di SE 8 atau SE 13,” sambungnya.


Mengutip suaracom jaringan terkini.id Sunu menjelaskan berdasarkan SE itu tidak ada pembatasan WNA, kecuali yang melakukan perjalanan dari India.


“Pemerintah saat ini juga tidak ada pembatasan warga negara asing, khususnya (WNA) China untuk masuk keluar wilayah Indonesia,” katanya.


Sementara itu, berdasarkan yang informasi, WNA China kembali masuk ke Indonesia melalui Bandara Soetta pada Sabtu 8 Mei 2021 pagi tadi.


Para WNA tersebut datang dari Guangzhou-China dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-387.


Pesawat tersebut diketahui mendarat pukul 05.09 WIB dengan penumpang 160 orang yang terdiri 157 WNA dan 3 orang WNI.


Selanjutnya, ketiga WNI tersebut dilakukan karantina di Wisma Pademangan. Sementara, 99 WNA China dikarantina di wisma ataupun di hotel yang telah ditunjuk.


Namun, ketika ditanyakan soal WNA China tersebut, Sunu belum mendapat informasi terkait penerbangan dari China yang masuk ke Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini.


Jika benar ada, dirinya menduga para WNA tersebut masuk dengan menggunakan pesawat charter.


“Untuk schedule hari ini tidak ada. Kemungkinan kalau ada charter flight. Untuk saat ini kita belum monitor, 1-2 jam berikut baru diberitahu,” tutupnya.


Source: makassar.terkini.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »