Headline

Opini

SOROT

Sports

Tanpa Pemilih PDIP, SMRC: Ganjar Tertinggi Disusul Prabowo dan Anies

          Tanpa Pemilih PDIP, SMRC: Ganjar Tertinggi Disusul Prabowo dan Anies
Tanpa Pemilih PDIP, SMRC Sebut Ganjar Tertinggi Disusul Prabowo dan Anies.

Tanpa Pemilih PDIP, SMRC: Ganjar Tertinggi Disusul Prabowo dan Anies
BENTENGSUMBAR.COM - Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ternyata mendapatkan urutan pertama yang dipilih masyarakat jika pemilihan presiden dan dilakukan tanpa dukungan dari pemilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).


Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad mengatakan, bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara 3 nama berikut? Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.


"Pada Pemilih yang tahu Prabowo dan Ganjar dan Anies dan tanpa pemilih PDIP, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 35,5 persen, disusul Prabowo 30,8 persen, dan Anies Baswedan 25,5 persen. Yang belum tahu 8,4 persen," kata Saidiman dalam rilis survei virtual 'Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Pasca 2 Tahun Pemilu 2019', Minggu, 13 Juni 2021.


Ia menyebutkan, bahwa Ganjar tanpa PDIP mendapat dukungan dari partai lain di luar PDIP: Paling banyak dari PKB, Demokrat, partai non-parlemen, dan yang menyatakan “belum tahu” memilih partai mana.


"Ganjar juga mendapat suara cukup baik dari pemilih Golkar (36 persen), hanya sedikit di bawah Prabowo dari pemilih Golkar (41 persen). Ganjar juga mendapat suara lebih baik dari pemilih Nasdem dibanding Anies," katanya.


Selain efek dari pemilih partai lain, kata Saidiman, bahwa efek Jokowi juga ada. Dalam dukungan kepada Capres pemilih yang tahu Prabowo, Ganjar, dan Anies tanpa pemilih PDIP.


Menurut kepuasan atas kinerja Jokowi bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden di antara 3 nama berikut?


"Di kelompok pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi, Ganjar unggul. Sementara di kelompok pemilih yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, Prabowo yang unggul," katanya.


Soal kinerja Jokowi Menangani Pemulihan Ekonomi Akibat COVID-19, kata dia, pada kelompok pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi menangani pemulihan ekonomi akibat COVID-19 Ganjar unggul. Sementara di kelompok pemilih yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, Prabowo yang unggul.


"Warga yang menilai positif kinerja Jokowi tersebut jauh lebih banyak yang memilih Ganjar dibanding memilih Prabowo dan apalagi Anies meskipun tanpa pemilih PDI Perjuangan," katanya.


Saidiman menambahkan, ada 1.220 responden yang diwawancara secara langsung. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.072 atau 88 persen. Sebanyak 1.072 responden ini yang dianalisis.


Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar ± 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling). Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan mematuhi protokol kesehatan.


Sumber: viva.co.id

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...