Headline

Opini

PADANG

Sports

Pemerintah Desa dan BUMDes Haruslah Miliki Kreatifitas dan Berinovasi Agar Mampu Bersaing

          Pemerintah Desa dan BUMDes Haruslah Miliki Kreatifitas dan Berinovasi Agar Mampu Bersaing
BENTENGSUMBAR.COM - Desa Brilian merupakan sebuah program yang diluncurkan oleh BRI – Bank Rakyat Indonesia dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan lingkungan sebagai wujud kepedulian BRI. Program ini terselenggara adanya kerja sama antara BRI dengan bumdes.id (Rudy Suryanto sebagai Founder bumdes.id).

Pertama kali program Desa Brilian diluncurkan sejak tahun 2020, menghasilkan 10 desa yang patut menjadi contoh dan teladan bagi desa lainnya dalam menumbuhkembangkan potensi desa dan SDM yang ada dengan jumlah pese rta 125 desa dari seluruh wilayah Indonesia.

Pada tahun 2021 telah pula menghasilkan 10 desa berprestasi yang diikuti oleh 287 desa, yang diberi label Desa Brilian 2021 Batch-1 yang dimulai sejak Maret 2021 sampai Mei 2021 .

Sedangkan Desa Brilian Batch-2 ini baru dimulai sejak awal Juni 2021 sampai batas waktu mengumumkan para pemenangnya pada tanggal 24 Agustus 2021 mendatang. Jangaka waktu program ini membutuhkan rentang waktu sekitar 3 bulan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Program Desa Brilian 2021 Batch-2 #3 melaksanakan Technical Meeting seri ke-3 pada hari Jumat, 09 Juli 2021, dimulai sejak pukul : 08.30 – 10.30 WIB melalui media Zoom Meeting yang diikuti sekitar 400-an peserta.

Technical Meeting seri-3 ini memiliki Agenda, yakni Sesi 1 – Workshop brilian.desacenter.id tentang upload dokumen oleh Dian Raka, dan Sesi 2 – Aktivasi Sosial Media & Video Program Brilian oleh Denny Aryudi. Sebagai Moderator adalah Diana Arta dan tim sekretariat adalah Deva dan Uswah.

Dalam penjelasannya, Dian Raka memberi cotoh cara upload dokumen ke dalam brilian.desacenter.id dimana di dalam website tersebut terdiri dari beberapa kriteria penilaian, diantaranya adalah: administrasi manajemen dan kelembagaan, inovasi video pilihan, digitalisasi desa dan presentasi kepala desa.

“Batas akhir pengiriman dokumen yang dibutuhkan sampai tanggal 31 Juli 2021. Webinar terakhir (ada 4 kali) pada tanggal 3 Agustus 2021 sedangkan pengumuman pemenang dan inaugurasi Desa Brilian 2021 Batch-2 pada tanggal 24 Agustus 2021,” demikian Dian Raka menambahkan.

Sementara itu Denny Aryudi menguraikan secara rinci berikut contoh tayangan videonya dengan mengambil contoh dari Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

“Video Inovasi Desa adalah mengenai inovasi desa dalam menumbuhkembangkan produk-produk unggulan desa. Video Profil Desa lebih menjurus kepada entitas desa itu sendiri, sedangkan Video Profil BUMDes adalah berbicara tentang bagaimana awal mula berdirinya BUMDes serta kegiatan yang dilakukan,” pungkas Denny Aryudi. 

Laporan: H. Ali Akbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...