Klaim Laut China Selatan, China Meradang, Bangunkan Singa Tidur

Klaim Laut China Selatan, China Meradang, Bangunkan Singa Tidur
BENTENGSUMBAR.COM - Klaim semena-mena China atas Laut China Selatan tidak disetujui oleh banyak pihak. Salah satunya satu negara di Eropa ini yang membuat hubungan China dengan Uni Eropa semakin sulit.


Melansir The Diplomat, tanda hubungan China dan Uni Eropa memburuk semakin tidak dapat dihindari. Dalam beberapa kasus diplomasi China dengan beberapa negara Uni Eropa yaitu Lithuania dan Swedia telah memburuk secara natural.


Namun, penopang ekonomi terbesar Uni Eropa yaitu Jerman. Telah lama ingin memiliki kebijakan seimbang antara China dan rekan-rekan dan mitra Barat mereka. Pemerintahan Angela Merkel mengedepankan hubungan dengan AS untuk melawan kekuatan China yang makin tumbuh. Namun, di saat yang sama Jerman memastikan perdagangan yang stabil dengan Beijing.


Namun dengan administrasi Merkel hampir berakhir, akan ada tekanan awal kepada penerusnya untuk memperjelas kebijakan Jerman atas China. Pertanyaannya adalah apakah Jerman bisa mempertahankan kebijakan "melindungi nilai" terhadap Beijing ?


Kapal Fregat Jerman


Pengumuman yang datang akhir tahun lalu mengatakan Jerman akan mengirimkan kapal fregat ke wilayah Asia Pasifik, untuk separuh akhir 2021 termasuk ke Laut China Selatan. Hal tersebut menjadi indikasi terkuat kebijakan Jerman.


Berlin mencoba mendemonstrasikan solidaritas dengan Eropa dan AS dalam menghadapi perlawanan China. Sembari menghindari ditarget oleh 'diplomasi serigala' Beijing. Diplomasi ini belakangan mempengaruhi pemerintah lain memandangnya sebagai "buah dari menyinggung negara China."


Kapal fregat Bayern (Bavaria) kelas Brandenburg milik Angkatan Laut Jerman berangkat dari pangkalan di Wilhelmshaven minggu ini mengutip The Diplomat, dan akan beroperasi di Asia-Pasifik sampai awal tahun 2022.


Kapal itu dijadwalkan berkunjung ke beberapa pelabuhan regional, termasuk di Australia, India, Jepang, Singapura, Korea Selatan dan Vietnam dan juga merencanakan untuk mengunjungi Laut China Selatan Desember 2021.


Otoritas Jerman telah menekankan, jika Bayern akan menggunakan garis laut tradisional di Laut China Selatan . Dan akan menghindari masuk Selat Taiwan. Ini akan menandai pertama kalinya dalam hampir 20 tahun kapal angkatan laut Jerman memasuki Laut China Selatan.


Menteri Pertahanan Jerman menyebut misi ini sebagai salah satu dukungan untuk mitra regional Asia-Pasifik dan juga mendemonstrasikan komitmen Jerman terhadap laut yang bebas.


Respon China


Respon China terhadap berita ini,  sejauh ini telah berhati-hati, dengan Menteri Luar Negeri China berkomentar Maret lalu, termasuk mengingatkan bahwa sementara Laut China Selatan adalah subyek hukum internasional,. Pemerintah lain seharusnya melihat status tersebut sebagai "alasan untuk menggarisbawahi kedaulatan dan keamanan negara sekitarnya."


Kantor berita nasional China, Global Times baru-baru ini menyebut kembali hal ini. Mereka menyatakan bahwa selama kapal Jerman menghargai hukum internasional dan menghindari "aksi kekerasan" di Laut China Selatan, tidak akan ada kerusakan diplomatik.


Pemerintah China juga telah menunda keputusan terkait apakah Bayern dapat berlabuh di Shanghai selama tur regional sampai menerima informasi lebih terkait "niat" khusus misi kapal tersebut.


Global Times bahkan mengatakan keputusan akhir memperbolehkan kunjungan ke pelabuhan Shanghai mungkin menunggu sampai hasil pemilihan umum Jerman September depan keluar. Seperti yang dijelaskan oleh Chatham House Maret lalu, fakta bahwa panggilan Shanghai yang diusulkan akan dilakukan sebelum Bayern memasuki Laut Cina Selatan dapat memberi kesan bahwa Jerman sedang meminta izin dari Beijing untuk memasuki jalur air China.


Laporan: Reko Suroko

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »