PILIHAN REDAKSI

Ali Imron Pernah Minta Izin Ngebom Rumah Amien Rais, Denny Siregar: Harusnya Waktu Itu Jangan Ditangkap Dulu

BENTENGSUMBAR.COM – Pegiat media sosial Denny Siregar angkat bicara mengenai pengakuan pelaku Bom Bali 1. Pasalnya, Ali Imron d...

Iklan Bank Nagari

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pada Lansia di Masa Pandemi

          Pentingnya Menjaga Kesehatan Pada Lansia di Masa Pandemi
SAAT ini pandemi Covid-19 belum kunjung berakhir. Berbagai upaya pun telah dilakukan termasuk menjaga kesehatan. Kesehatan adalah hal yang lebih berharga dibanding apa pun, termasuk bagi lansia. Agar tetap sehat, lansia dianjurkan untuk tetap melaksanakan dan menjaga rutinitas harian, termasuk tidur, makan, dan aktivitas fisik lainnya. Meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi menjadi perhatian semua orang, terutama bagi lansia yang memiliki risiko tinggi tertular Covid-19.  Kelompok usia lanjut (lansia) memiliki peranan penting di tengah pandemi Covid-19, terutama dalam meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan pada generasi muda dalam keluarga. Dengan memiliki sistem imun yang kuat, tubuh akan lebih kebal dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Pada umumnya seiring dengan pertambahan usia lansia sangat rentan terpapar penyakit, sehingga tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat penuaan. Daya tahan tubuh pun tidak sekuat pada saat usia muda. Ini alasannya mengapa lansia harus menjaga kesehatan ditengah pandemi. Banyak penyakit kronis yang diderita kelompok lansia. Jika lansia terpapar virus Covid-19 resikonya akan menimbulkan gangguan yang parah bagi tubuh dan dapat berisiko kematian. Pemerintah juga menghimbau dan meminta kepada keluarga yang memiliki lansia untuk tetap memperhatikan kesehatannya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menjaga kesehatan kelompok lansia di masa pandemic Covid-19. Dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan di rumah juga merupakan upayah untuk menjaga lansia. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dalam upaya meminimalkan terpapar Covid-19 bagi kelompok lansia di rumah :

1. Menerapkan protokol kesehatan yang ketat di rumah

Selama masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, semua orang dianjurkan untuk tetap berada di rumah kecuali untuk membeli bahan makanan atau ada keperluan mendesak, misalnya mencari pertolongan medis yang darurat.

Walaupun lansia di rumah masih bugar dan aktif, tetap batasi mereka untuk bepergian, apalagi berkumpul dengan orang lain. Alasannya, risiko terinfeksi di tempat yang banyak orang jauh lebih besar dibandingkan di rumah. Kita juga harus menyediakan alat prokes seperti tempat cuci tangan, masker, disinfektan dan lainnya. Perlunya persiapan tersebut agar kita tetap terjaga kebersihan dan kesehatan di rumah. Sebagai orang yang merawat atau kontak langsung dengan lansia, kamu sendiri harus lebih berhati-hati dalam melindungi diri dari virus Corona. Hal ini untuk mengurangi risiko kamu menularkan virus Corona ke lansia yang kamu rawat.

2. Jaga kesehatan dan pola makan lansia

Jaga kesehatan lansia dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan tentunya higienis. Pilihlah makanan dengan gizi seimbang yang mengandung protein, lemak baik, karbohidrat, serat, serta vitamin dan mineral.

Selain sebagai sumber energi, makanan sehat juga dapat memperkuat sistem imun lansia. Oleh karena itu, langkah ini sangat penting, terutama untuk lansia yang sedang dalam masa pemulihan dari sakit.

Ajak lansia untuk melakukan latihan fisik ringan atau peregangan otot setidaknya 20–30 menit setiap hari. Hal ini penting untuk menjaga kekuatan otot dan keseimbangan lansia agar tidak mudah cedera. Akan lebih baik lagi bila latihan fisik dilakukan sambil berjemur di sinar  matahari pagi.

3. Terapkan physical distancing

Selama di dalam rumah menjaga physical distancing tetap penting untuk diterapkan. Batasi kunjungan orang-orang yang biasa datang ke rumah untuk bertemu lansia. Selain itu, sesama penghuni rumah pun sebaiknya menjaga jarak selama menemui lansia, terutama bila sedang sakit.

Namun, kamu juga perlu ingat, jangan sampai hal ini membuat lansia merasa dijauhi dan terasing dari orang lain, ya. Mereka tetap boleh melakukan interaksi sosial, kok. Bersosialisasi dan menjalin komunikasi dengan orang lain penting untuk menjaga mood lansia selalu baik selama di rumah, tetapi perlu ada batasannya.

4. Berikan aktivitas di rumah

Lansia biasanya disarankan untuk tidak terlalu banyak beraktivitas, apalagi yang menguras tenaga atau risiko cederanya tinggi. Namun, bukan berarti mereka tidak boleh melakukan kegiatan apa pun. Justru agar lansia tidak bosan, kamu perlu memberikan mereka aktivitas selama di rumah. Bila mereka gemar memasak, ajaklah mereka untuk memasak bersama. Tapi, pastikan tugas yang mereka lakukan ringan dan tidak berbahaya. 

Bila mereka suka merajut, melukis, atau merawat bunga, lengkapi kebutuhan hobi mereka dan biarkan mereka tetap berkreasi. Selain membuat mereka aktif bergerak, melakukan hobi juga dapat membuat suasana hati mereka lebih baik dan tidak uring-uringan selama diam di rumah. Tinggal bersama lansia di tengah pandemi COVID-19 seperti ini menuntutmu untuk lebih berhati-hati, baik dalam menjaga kesehatan mereka maupun dirimu sendiri. Kamu juga harus bersabar karena merawat orang yang telah lanjut usia dalam kondisi seperti ini memang tidak mudah. (Rulyanti – Anggota Perempuan Indonesia Satu)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...