PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Said Aqil Harap Jokowi Netral dalam Muktamar NU: Biarkan NU Punya Hasil Pilihannya Sendiri

          Said Aqil Harap Jokowi Netral dalam Muktamar NU: Biarkan NU Punya Hasil Pilihannya Sendiri
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berharap Presiden Jokowi netral dalam Muktamar NU.

Said Aqil Harap Jokowi Netral dalam Muktamar NU: Biarkan NU Punya Hasil Pilihannya Sendiri
BENTENGSUMBAR.COM - Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) akan digelar pada Desember 2021 mendatang. Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj berharap Presiden Jokowi netral dalam Muktamar NU.


“Harapan saya, Pak Jokowi, sebagai kepala negara, ya, dalam hal muktamar ini netral,” kata Said Aqil dalam kunjungan silaturahmi PBNU dengan Transmedia, di Jakarta Selatan, Kamis 11 November 2021.


Selanjutnya, Said Aqil berharap Muktamar NU berjalan sesuai dengan gaya NU. Dia juga ingin agar ketua umum yang dipilih merupakan pilihan NU sendiri.


“Biarkan NU punya gaya sendiri, punya hasil pemilihannya sendiri,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Said Aqil menekankan sekali lagi bahwa ia tidak ingin pemerintah ikut campur dalam Muktamar NU. Menurutnya, ikut campurnya pemerintah akan merusak Muktamar NU.


“Kalau kata orang kan pemerintahan, kementerian, misalkan ikut campur dalam mobilisasi massa, itu akan rusak nanti, mobilisasi suara, akan rusak nanti,” ungkap Said Aqil.


Ketika ditanya terkait indikasi ikut campurnya pemerintah dalam Muktamar NU, Said Aqil tidak menjawab tegas. Dia hanya menyayangkan seandainya ada campur tangan pemerintah dalam pemilihan Ketua Umum NU nantinya.


“Kalau ada, kita sayangkan. Jangan sampai instansi pemerintah ikut campur dalam hal muktamar NU, kredibilitas dua-duanya rusak, NU nya rusak, ininya, lembaga pemerintahan juga rusak. Malah menjatuhkan martabat muktamar,” tutur dia, dilansir dari Detikcom.


Seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa Muktamar NU akan digelar pada 23-25 Desember 2021 di Lampung. Salah satu agenda penting dalam Muktamar NU 2021 adalah pemilihan ketua umum.


Sejauh ini ada dua kandidat calon Ketua Umum NU, yakni Said Aqil Siroj dan Yahya Cholil Staquf. (*)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...