Advertorial

Daerah

Akhirnya Terungkap Alasan GP Ansor Haram Gabung PKS, Tak Hormat ke Ulama dan Pendiri Bangsa Jadi Alasan

          Akhirnya Terungkap Alasan GP Ansor Haram Gabung PKS, Tak Hormat ke Ulama dan Pendiri Bangsa Jadi Alasan
Akhirnya Terungkap Alasan GP Ansor Haram Gabung PKS, Tak Hormat ke Ulama dan Pendiri Bangsa Jadi Alasan
BENTENGSUMBAR.COM - Gerakan Pemuda (GP) Ansor kini menjadi sorotan publik usai beredar video berisi fatwa haram manakala kadernya bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pasalnya, penegasan larangan haram kader GP Ansor gabung dengan PKS itu justru mengundang kontroversi sejumlah pihak.

Adapun GP Ansor beralasan, pengharaman kadernya bergabung dengan PKS lantaran perbedaan ideologi.

Hal itu seperti sudah diterangkan secara terang-terangan tentang garis haluan organisasi kepemudaan Nahdlotul Ulama (NU) itu sebagaimana dalam video tersebut.

“Kenapa? Karena secara aturan dalam peraturan dasar kita, secara ideologi sudah berbeda jauh,” tutur Pengurus GP Ansor saat memberi pesan pada acara pelantikan kadernya, dikutip Hops.ID dari twitter @maspiyuaja pada Sabtu, 2 Juli 2022.

Selain itu, akun media sosial milik Pengurus Aanak Cabang GP Ansor Kecamatan Maja me-retweet unggahan video tersebut sembari memberi penjelasan soal alasan pengharaman itu.

“Kenapa GP Ansor haramkan Gabung PKS. Karena PKS suka su'ul adab (tidak hormat:red) terhadap para kyai, para ulama dan para founding father bangsa ini,” tulis admin @AnsorMaja.

Tak hanya itu, GP Ansor Maja juga menegaskan, prinsip kader GP Ansor akan tetap kokoh dan tidak goyah untuk tidak gabung dengan PKS.

“Tentu, sampai kapanpun. GP Ansor tidak akan pernah bergabung dengan sarangnya para penghianat,” tambahnya lagi.

“Setuju! bagaimanapun juga IM (Ikhwanul Muslimin) ya tetap IM, walau dalam bentuk partai @PKSejahtera," tulis akin @riza_***.

"Doktrin IM mau dirikan negara Islam/khilafah dengan cara politisasi agama untuk rebut kekuasaan, jelas berpotensi adu-domba umat. Dibuku Ilusi Negara Islam, Gus Dur sebut PKS: Musuh Dalam Selimut,” ret-weet juga akun @riza_***.

Kendati begitu, tak sedikit menilai miring pernyataan haram GP Ansor terhadap PKS lantaran dianggap berlebihan.

“Harusnya pembekalan itu ditanamkan yang haram itu korupsi, yang haram itu seks bebas, yang haram itu menindas rakyat, ini malah yang haram PKS," tulis akun @@sipaling***.

Parah banget ngerasa kelompoknya paling bener banget sampai haram haramin kelompok lain,” tulis @sipaling*** sindir GP Ansor.

Pendapat lain tentang ideologi PKS

Sebelumnya, viral video berisi pernyataan pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor mengharamkan kadernya gabung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Yang penting memberikan maslahat organisasi Ansor. Yang patut jenengan (Anda) pegang jangan sampai kader Ansor jadi kader PKS. Itu haram,” kata pengurus Ansor saat melantik kadernya, seperti diunggah akun @maspiyuaja pada Kamis, 30 Juni 2022 pukul 15.59 WIB.

GP Ansor menilai bahwa ideologi yang dikembangkan PKS sangat bertentangan atau berbeda dengan NU.

“Kenapa? Karena secara aturan dalam peraturan dasar kita, secara ideologi sudah berbeda jauh,” lanjutnya.

"Mau berpolitik warna hijau, merah, kuning, tapi jangan oranye campur putih, haram bagi kader Ansor,” ujarnya tegas.

Sumber: HopsID
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »