Advertorial

Daerah

Inspektorat Padang Pariaman: Deteksi Dini Pengelolaan Dana Nagari, Bimasena Dinilai Efektif

          Inspektorat Padang Pariaman: Deteksi Dini Pengelolaan Dana Nagari, Bimasena Dinilai Efektif
Inspektorat Padang Pariaman: Deteksi Dini Pengelolaan Dana Nagari, Bimasena Dinilai Efektif
BENTENGSUMBAR.COM - Inspektur Kabupaten Padang Pariaman Hendra Aswara mengatakan, Inovasi Bimasena (Bimbingan, Asistensi, Supervisi dan Audit) adalah upaya deteksi dini dalam tata kelola dana nagari. 

Bimasena sangat efektif sebagai sebuah upaya pencegahan, karena pencegahan itu lebih ditekankan daripada penindakan terhadap pengelolaan dana desa oleh aparatur nagari. 

Tujuannya agar dana nagari betul-betul dapat dinikmati dan bermanfaat dalam menunjang perekonomian masyarakat.

“Bimasena itu sebuah Inovasi dalam upaya mencegah terjadinya fraud atau kecurangan dana nagari,” ujar Hendra Aswara saat menyampaikan materi pencegahan korupsi dalam tata kelola dana nagari pada pelatihan awal masa jabatan wali nagari di Rocky Hotel Padang, pada Rabu (24/8)

Pembinaan SPJ seluruh nagari, tambah Hendra, dilakukan pada bulan November nanti. Dimana seluruh SPJ mulai dari bulan Januari hingga November akan diperiksa oleh Auditor Inspektorat. Kemudian tim pemeriksa akan memberikan catatan untuk perbaikan dan dilengkapi hingga akhir tahun. 

“Setelah kita lakukan pembinaan pada tahun berjalan, maka tahun berikutnya kita lakukan audit. Jadi catatan yang diberikan auditor harus ditindaklanjuti untuk menghindari adanya temuan,” ujar nantan Kadis Sosial itu. 

Pada kesempatan itu, Hendra juga mengingatkan kepada wali nagari untuk melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag).

Wali nagari berhak meminta laporan secara berkala untuk memastikan pendirian BumNag tersebut, apakah sudah sesuai dengan tujuan awal yaitu memacu potensi nagari untuk kesejahteraan masyarakat. 

“Pak Wali, diminta laporan Bumnag kepada pengurus kemudian adakan rapat evaluasi dengan melibatkan unsur nagari. Beri saran untuk kemajuan Bumang” kata Alumni STPDN Angkatan XI itu.

Diketahui pelatihan awal masa jabatan dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa selama tiga hari di Padang. (R/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »