Advertorial

Daerah

Muktamar Muhammadiyah Soroti Pemilu 2024, Singgung Capres dan Cawapres

          Muktamar Muhammadiyah Soroti Pemilu 2024, Singgung Capres dan Cawapres
Muktamar Muhammadiyah Soroti Pemilu 2024, Singgung Capres dan Cawapres
BENTENGSUMBAR.COM - Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang tengah berlangsung di Solo, Jawa Tengah menyoroti isu Pemilu 2024. 

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut isu itu menjadi sorotan karena bagi Muhammadiyah hajatan pemilu bukan sekadar kontestasi politik, melainkan proses transformasi kebangsaan.

Dalam forum tersebut, Haedar Nashir  mengatakan Muhammadiyah akan mengajak para calon presiden dan calon wakil presiden untuk memahami sejarah serta fondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Kalau tidak, nanti akan terjadi dislokasi politik. Mereka yang ingin meraih kekuasaan lupa fondasi kita sebagai bangsa," kata Haedar dalam keterangannya, Jumat, 18 November 2022. 

Haedar berujar capres dan cawapres juga perlu memahami serta mempraktikkan sila keempat Pancasila yang memilki makna demokrasi, pemilu, serta kontestasi politik. 

Menurut Haedar, dengan memahami sila keempat Pancasila, maka capres serta cawapres yang menang maupun kalah harus berpolitik dengan berbasis pada kerakyatan serta bijaksana dalam bermusyawarah.

Haedar meyakini bahwa seluruh capres, cawapres, maupun calon anggota legislatif memiliki itikad serta visi yang baik dalam mengikuti kontestasi Pemilu 2024. 

"Kami percaya dari ribuan calon anggota DPR dan mungkin sejumlah calon presiden dan calon wakil presiden, mereka kan punya itikad baik, mereka punya visi yang baik. Akan tetapi yang diperlukan adalah penyamaan dalam konteks keindonesiaan yang lebih besar," kata Haedar.

Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 akan dibuka di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Stadion Manahan Solo pada 18 hingga 20 November 2022. Rangkaian acara diawali dengan sidang Tanwir. 

Melansir laman Muhammadiyah, Muktamar adalah permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah sekaligus menjadi momen regenerasi, silaturahmi, dan kolaborasi warga persyarikatan. 

Taufiq Nugroho selaku Koordinator Media Muktamar menyampaikan agenda lengkap kegiatan Muktamar Muhammadiyah.

Kegiatan dimulai dengan Tanwir Pra Muktamar Muhammadiyah pada hari Jumat, 18 November 2022 di Auditorium Dzajman Al Kindi UMS. 

Lalu pada hari kedua, Sabtu 19 November 2022, Muktamar ke-48 Muhammadiyah akan dilaksanakan di Stadion Manahan dan Auditorium UMS.

Di hari terkahir, Minggu 20 November 2022, di lokasi yang sama forum akan membahas isu-isu strategis keutamaan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal serta isu lainnya. 

Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »