SUMBAR

Perkuat Peran Media Tradisional, Diskominfotik Sumbar Gelar Rakor Metra

          Perkuat Peran Media Tradisional, Diskominfotik Sumbar Gelar Rakor Metra
Perkuat Peran Media Tradisional, Diskominfotik Sumbar Gelar Rakor Metra
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Keberadaan media tradisional (Metra) menjadi sarana yang cukup penting dalam mencerdaskan masyarakat lokal. Di tengah derasnya arus informasi yang kurang sehat saat ini. 

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan media ini semakin terpinggirkan oleh desakan informasi lewat media massa modern. 

Oleh sebab itu, revitalisasi dan penguatan Metra adalah suatu hal yang harus dilakukan.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Kominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar, dalam sambutannya saat membuka sekaligus sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Metra, yang digelar oleh Dinas Kominfotik Sumbar, di Istana Bung Hatta, Bukittinggi, Senin (28/11/2022).

Rakor dengan mengusung tema "Penguatan Peran Media Tradisional dalam Rangka Meningkatkan Sebaran Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah" tersebut diikuti pimpinan dan pejabat dinas kominfo kabupaten dan kota se-Sumbar.

Menurut Erwin, Kekuatan Metra di masyarakat sangat besar. Baik di masyarakat heterogen, apalagi homogen. 

Surutnya Metra ditengah gempuran digitalisasi dan media modern, ditambah besarnya minat generasi pada budaya dari luar menuntut pemerintah harus terus meningkatkan peran Metra.

"Tradisi lokal yang sarat nilai-nilai pendidikan moral tetap harus dipertahankan sebagai modal dasar pendidikan untuk generasi muda. Peran pemerintahlah untuk memelihara dan menjaga Metra tetap hidup. Melalui penggunaan bahasa, tradisi, dan lainnya
Beberapa daerah bahkan telah memasukan muatan lokal dengan konten budaya lokal di sekolah," ujar Erwin.

"Jika mengadakan acara, selipkan unsur budaya di dalamnya. Mulai dari spanduk, hingga pertunjukkan. Jika ingin buat konten, tunjukkan entitas. Termasuk visi pemerintah misalnya ABS SBK, itu harus tampil, sehingga hidup sebagai entitas di tengah masyarakat Jika tidak, akan hilang identitas daerah," lanjut Erwin.

Hal senada juga disampaikan budayawan Sumbar Rizal Tanjung. Menurutnya, penguatan peran Metra sebagai mitra pemerintah dalam penyampaian pesan memiliki kelebihan yang tak dimiliki media pesan lainnya.

"Setiap kesenian yang mengandung kata, bisa dijadikan penyampai pesan.
Bahkan akan lebih efektif lagi jika disebar melalui media sosial," jelas Rizal.

Rakot Metra yang berlangsung seharian penuh tersebut mendapat antusias dsri para peserta. 

Kadis Kominfo Kota Padang menyambut baik Rakor tersebut dan berharap program pengembangan Metra perlu disosialisasikan ke kabupaten dan kota.

Kabid IKP Diskominfotik Sumbar, Indra Sukma, menyampaikan, hasil rakor akan menjadi catatan penting untuk pengembangan Metra ke depan.

"Seluruh saran dan masukan dalam rakor kita rangkum dan akan kita sosialisasikan ke kabupaten dan kota untuk melaksanakan pembinaan METRA. Akan rugi sekali jika tidak bersinergi dengan Metra," tegas Indra.(Vyu/Ls/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: