Gubernur Sumbar: Kebudayaan Berperan Penting Dalam Pembangunan

BENTENGSUMBAR.COM - Berlangsung meriah dan partisipatif, Gubernur Sumbar menghadiri acara Seminar dan Orasi Kebudayaan Indonesia yang bertempat di Pangeran Beach Hotel, Padang Kamis (22/12/2022).

Dalam pidatonya gubernur mengatakan bahwa, Kebudayaan merupakan kekayaan bangsa yang sudah diakui bahkan oleh dunia internasional. 

Di Indonesia, kebudayaan asli sudah mengalami pengayaan melalui asimilasi kebudayaan dengan budaya luar seperti Tionghoha dan Jepang.

"Kebudayaan memiliki peran penting dalam pembangunan berkelanjutan apalagi hal itu ditandai dengan potensi kebudayaan Minangkabau, yang merupakan kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam perkembangan dunia yang tengah diserbu teknologi digital dan arus transformasi global," kata gubernur. 

Gubernur mengatakan, Falsafah Alam Takambang Jadi Guru menuntun masyarakat Minangkabau untuk berpikir terbuka dengan senantiasa belajar, menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kapasitas diri dari sumber-sumber referensi yang terbentang di alam semesta menjadi modal penting untuk bisa menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Menyadari peran penting itu, pemerintah provinsi Sumatera Barat menunjukkan strategi dan keseriusannya dengan mengkhususkan OPD kebudayaan yaitu Dinas Kebudayaan yang berdiri sendiri.

Gubernur pun menambahkan, nilai-nilai kebudayaan daerah menjadi benteng pertahanan masyarakat dalam menghadapi perubahan ke arah pola hidup virtual, dan juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda. Oleh sebab itu, bangsa telah menyiapkan lebih dulu lahan interaksi kemajemukan.

"Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia sudah menyediakan lahan interaksi antar kebudayaan dan seharusnya ini menjadi dorongan bagi daerah Minangkabau khususnya untuk tetap eksis," imbuh Gubernur.

Hilman Farid Dirjen Kebudayaan ikut memberikan pandangannya. Ia mengatakan bahwa memang kebudayaan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, dan itu sudah menjadi perhatian pemerintah.

"Sekarang apa-apa yang yang dilakukan Indonesia dalam kebudayaan, sudah menjadi perhatian yang dibutuhkan," ungkap Hilman

"Dan nanti di tahun depan akan ada summit of the future, harapannya apapun yang kita lakukan tidak hanya memberikan kontribusi tetapi juga solusi bagi masyarakat," tutup Hilman. (Via/Ssy/MMC)

#Diskominfotik Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »