Ikuti Rakornas, Wako Pariaman Siap Sukseskan Visi Pembangunan Nasional

BENTENGSUMBAR.COM - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Sentul International Convention Centre (SICC), Sentul, Jawa Barat, Selasa (17/01/2023).

Tak hanya kepala daerah saja, namun Kapolda, Kajati, Kapolres dan Kajari se-Indonesia juga ikut dalam rapat koordinasi bersama ini dalam mendorong sinkronisasi pemerintah pusat dan daerah percepatan proses reformasi birokrasi, terutama mendorong percepatan investasi masuk.

Menurut Jokowi, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2022 lalu diperkirakan 5,2% - 5,3%. 

Dan Ini sebuah prestasi yang sangat baik sekali karena di kuartal III tumbuh 5,72% dibandingkan dengan negara lain.

Joko Widodo mengingatkan semua pihak hati-hati dan bekerja keras. Jangan sampai keliru membuat kebijakan.

Setiap kebijakan itu harus berbasis pada data dan fakta di lapangan.

Untuk Kota Pariaman, Rakor tersebut di ikuti oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar.

Genius Umar, menilai rakor ini menjadi sebuah penegasan visi Presiden dan Wakil Presiden serta menyamakan persepsi visi pembangunan pemerintah pusat dan daerah, yaitu Pembangunan SDM Pendidikan dan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur, Mempermudah Regulasi dan Lapangan Kerja serta Reformasi Birokrasi.

“ Materi mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, investasi dan kemudahan perizinan, penanganan COVID-19, kekerdilan pada anak, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, serta stabilitas politik, hukum, keamanan dan pengawasan masih menjadi sektor utama dalam penanganan yang disampaikan oleh Presiden RI, Joko Widodo,” ucap Genius disela-sela kegiatan tersebut.

Hal tersebut, sambung Genius, sangat sejalan dengan apa yang telah kita gencarkan di Kota Pariaman, seperti perhatian terhadap peningkatan program pendidikan, program penanganan percepatan kasus stunting di Kota Pariaman secara cepat dengan melibatkan unsur aparatur desa dan kader desa.

“ Sehingga tercapai pengurangan dan penurunan angka sunting di Kota Pariaman dari tahun sebelumnya, 20,3 persen pada 2021 dan menjadi 16,8 persen pada 2022, dengan target 2023 zero kasus stunting,” tutur Genius.

Genius juga menjelaskan, Presiden juga membahas tata ruang untuk pembangunan daerah. 

Bangun daerah perdasarkan potensi masing. Kalau potensi daerah adalah pisang ya kembangkan semua yang menyangkut pisang. 

Sejak menanam pisang secara massal juga termasuk industri pabrik pisang.

" Kalau menurut saya, Kota Pariaman kita kembangkan sebagai daerah wisata dengan konsep tata ruangnya waterfront city," imbuhnya.

Genius harapkan adanya sinergi antara pusat dan daerah dan penyamaan visi akan bertujuan untuk membangun Indonesia yang makin maju ke depannya yang tumbuh ekonominya dimulai dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.(Fad/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »