Peringati Hari Dharma Samudra ke-61, Lantamal II Ziarah di TMP Kusuma Bangsa Pariaman

BENTENGSUMBAR.COM - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama TNI Benny Febri. M.M., M.Tr.Opsla bersama Wali Kota Pariaman Genius Umar menggelar ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Desa Rawang, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Jum'at (13/1).

Usai pelaksanaan ziarah dan tabur bunga, Laksamana Pertama TNI Benny Febri. M.M., M.Tr.Opsla mengatakan kegiatan ini diselenggaran dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera ke-61 Tahun 2023.

“Ziarah dan tabur bunga ini merupakan kegiatan wajib yang kita laksanakan setiap peringatan hari bersejarah. Hari ini ziarah dan tabur bunga kita laksanakan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap Tanggal 15 Januari, “ ungkapnya.

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang sejarah 15 Januari 1962 silam, peristiwa heroik Angkatan Laut Indonesia yang disebut dengan Pertempuran Laut Aru. 

Tujuan lainnya adalah juga untuk memperingati peristiwa heroik dalam sejarah Angkatan Laut Indonesia. 

Hal ini ditunjukkan oleh para pelaut di bawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso.

“Kita juga mengetahui Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang juga mempunyai sejarah perjuangan angkatan laut," jelasnya. 

Dikatakannya, Kota Pariaman menjadi salah satu basis kekuatan perjuangan maritim rakyat Sumatera Barat yang tergabung dalam Tentara Rakyat Indonesia Laut Sumatera Tengah atau Resimen ALRI, yang menjadi cikal bakal ALRI Pangkalan Besar Pariaman. 

Berdasarkan sejarah itulah, Kota Pariaman bersama Lantamal II Padang mendirikan tugu monument angkatan laut yang bertempat Muaro Pantai Gandoriah Kota Pariaman. 

"Semoga saja Kota Pariaman betul – betul menjadi kota perjuangan angkatan laut, “ tutupnya. 

Wali Kota Pariaman Genius Umar usai kegiatan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Lantamal II Padang yang telah memilih Kota Pariaman sebagai tempat kegiatan tabur bunga dalam rangka Hari Dharma Samudera ke-61 Tahun 2023.

“Kota Pariaman memang mempunyai sejarah untuk Angkatan Laut karena pernah menjadi pangkalan besar angkatan laut," katanya.

Menurutnya, ada banyak  pejuang TNI AL yang dimakamkan di TMP Kusuma Bangsa Kota Pariaman karena mempertahankan perairan Kota Pariaman saat diserang oleh Belanda dari gempuran Agresi Meliter Belanda Tahun 1948. 

"Tidak hanya warga Pariaman yang dimakamkan di TMP melainkan dari berbagai daerah di Indonesia, “ ungkapnya.

“Semoga saja hubungan baik antara Lantamal II Padang dengan Pemko Pariaman semakin erat untuk membangun Kota Pariaman lebih baik khususnya dari segi sumber daya manusia," cakapnya. 

"Tidak hanya itu, kita juga berharap anak – anak Kota Pariaman akan banyak menjadi TNI AL sehingga sejarah ini akan tetap dikenang, “ tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung khidmat juga dihadiri  Fokopimda Kota Pariaman, Sekdako Pariaman Yota Balada, Kepala OPD dilingkungan Pemko Pariaman. 

Pada kesempatan yang sama, Danlantamal II Padang beserta rombongan dan Wako Pariaman Genius Umar berkesempatan mengecek Kantor Pos Pengamat (Posmat) AL di Kota Pariaman yang berada di Desa Pauh Barat Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman.(wi/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »