Kwarcab Gerakan Pramuka Padang Gelar Gebyar Ramadan, Sekda Andree Algamar: Semoga Wujudkan Anggota Pramuka yang Qurani dan Berkarakter!

BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 09 Kota Padang, membuka secara resmi kegiatan Gebyar Ramadan 1444 H/2023 yang dilangsungkan di Lantai II Masjid Agung Nurul Iman, Selasa (11/4/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Kwarcab Gerakan Pramuka 09 Kota Padang itu, diikuti peserta terdiri dari Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak utusan Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kota Padang. Selain itu juga diikuti Gugus Depan (Gudep) dari Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Kota Padang.

Seperti diketahui, Gebyar Ramadan kali ini diikuti peserta sebanyak 88 orang dari 11 Kwarran, 22 orang pendamping dari 11 Kwarran serta 11 orang pimpinan kontingen dari 11 Kwarran se-Kota Padang. 

Sementara untuk peserta Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) diikuti 16 orang dari 8 Gudep PBK dan 16 orang Pembina Pendamping PBK dari 8 Gudep.

Adapun tema yang diangkatkan pada kegiatan tahunan ini adalah "Mengukir Prestasi Lewat Gebyar Ramadan 2023, Siapkan Pramuka yang Cinta Alquran dan Peduli Sesama".

"Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi kegiatan Gebyar Ramadan ini untuk meningkatkan kerohanian bagi anggota pramuka yang beragama Islam di setiap bulan Ramadan. Tujuannya tentu untuk mensyiarkan kegiatan keagamaan serta meningkatkan iman dan takwa mereka para generasi muda kita kepada Allah SWT. Selain itu juga diharapkan mempererat ukuwah Islamiyah diantara sesama anggota pramuka," ungkap Sekda Andree mewakili Wali Kota Padang saat membuka kegiatan.

Sekda Andree menambahkan, kegiatan Gebyar Ramadan tersebut penting digelar dan diharapkan diikuti secara baik oleh setiap peserta. Pasalnya, kegiatan ini menjadi ajang unjuk prestasi bagi adik-adik anggota pramuka dalam mengasah kemampuan dari membaca seni Alquran, ceramah agama, kutbah Jumat dan hafalan ayat-ayat pendek.

"Hari ini adik-adik semua mengikuti uji keterampilan bukan di bidang teknik kepramukaan, melainkan di bidang kerohanian. Ada lomba tahfiz bagi anggota Pramuka Siaga, lomba MSQ dan pidato bagi anggota Pramuka Penggalang dan lomba MTQ serta kutbah Jumat dan adzan bagi anggota Pramuka Penegak. Begitu pula lomba hafalan surat pendek bagi anggota PBK se-Kota Padang. Selamat mengikuti lomba dan jadilah pramuka yang qurani dan berkarakter mulia," pungkas Sekda yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 09 Kota Padang itu.

Dalam kesempatan itu juga hadir perwakilan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar, Bank Nagari, para Anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang serta seluruh Pengurus dan Andalan Cabang. 

Selain itu juga terlihat Kakan Kemenag Kota Padang Edi Oktafiandy, para Ketua Kamabiran, Kwarran dan Ketua Pincab Saka se-Kota Padang. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »