Kompak, Panglima TNI Besama Kapolri Secara Resmi Buka Latsitarda Nusantara ke -43 Tahun 2023

BENTENGSUMBAR.COM - Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono sampaikan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Forkopimda Prov. Sumbar serta Bupati/Walikota se- Sumbar yang telah bersedia menjadi tuan rumah dan tempat Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-43 Tahun 2023.

Ia berharap, kegiatan ini menjadi momentum untuk membangun sinergitas TNI, Polri dan masyarakat melalui kerja nyata di lapangan. Menurutnya, kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan Polri kepada rakyat. "Kegiatan ini, juga bertujuan membantu pemerintah daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakat," ucap Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo saat membuka secara resmi Latsitarda Nusantara ke-43 Tahun 2023, di Istana Gubernur Sumbar, Jumat (19/5/2023).

Panglima TNI mengatakan, Latsitarda Nusantara merupakan bentuk realisasi kegiatan integrasi antara Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian yang diselenggarakan pada setiap akhir masa pendidikan taruna.

Meskipun demikian, dalam beberapa kali kegiatan, juga ada yang melibatkan Praja IPDN dan mahasiswa, seperti yang terlihat pada kegiatan hari ini dimana juga diikuti oleh Mahasiswa Universitas Negeri Padang dan Universitas Baiturahmah. "Sasaran dalam latihan ini adalah mendorong peserta untuk berperan membangun fisik dan non fisik sebagai kontribusi nyata membantu meringankan beban masyarakat di daerah latihan," terang Yudo.

Selain itu, ia juga menyebutkan latihan ini juga diarahkan untuk memupuk jiwa kejuangan dan cinta tanah air serta semangat gotong royong para taruna dan mahasiswa. "Bekal inilah yang akan menjadi cikal bakal sinergi dan solidaritas TNI, Polri bersama dengan seluruh masyarakat. Semangat sinergi sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa indonesia, yang saat ini sedang mendapat bonus demografi untuk mencapai puncaknya pada tahun 2030 nanti," tuturnya.

Terakhir, ia menekankan kepada para peserta Latsitarda agar selalu memanfaatkan kesempatan untuk saling menjalin komunikasi yang baik antara sesama peserta dengan mengesampingkan egosektoral dan kubur dalam-dalam segala perbedaan untuk membangun kebersamaan. "Kalianlah yang akan menentukan nasib bangsa ini, masa depan bangsa ada di tangan kalian, jadi kalian harus kompak jangan ada egosektoral," ujarnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan hal yang senada, nantinya selama kegiatan para peserta akan melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan sasaran fisik dan non fisik, berupa perbaikan fasilitas umum, bakti sosial, perbaikan rumah tidak layak huni, seminar nasional, penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kegiatan seperti ini diharapkan dapat berkontribusi untuk Sumatera Barat, serta bisa melengkapi kompetensi para peserta Latsitarda, sehingga nantinya para taruna benar-benar siap untuk melaksanakan tugas dan pengabdian bagi masyarakat bangsa dan negara," harap Kapolri.

Selanjutnya ia menyebut, kedepan para peserta adalah calon pemimpin yang harus dekat dengan rakyat jadi dari sekarang mereka harus paham hati rakyat, paham kebutuhan rakyat dan siap bekerja keras untuk rakyat.

"Kita mengajak seluruh peserta kegiatan ini,  agar dapat mengikuti kegiatan dengan ikhlas, sungguh-sungguh dan penuh dengan rasa tanggung jawab, tunjukkan bahwa kalian akan siap menjadi Abdi Negara dan motor penggerak menuju Indonesia maju," ajaknya. (adpsb)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »