17 Keltana Terbentuk, BPBD Kota Padang Terus Persiapkan Warga Hadapi Bencana, Ini Pesan Sekdako Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota  Padang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, saat ini sudah membentuk sebanyak 17 (Keltana) Kelurahan Tangguh Bencana yang tersebar di sejumlah Kelurahan yang ada di Kota Padang

Pada tahun 2023 ini BPBD Kota Padang sudah menambah 5 (Keltana) Kelurahan Tangguh Bencana yakni Kelurahan Batang Arau,  Seberang Padang, Bukit Gado-gado dan Kel. Kampung Pondok

Menurut Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Padang Edrian Edwar menyebutkan, Kelurahan Tangguh Bencana merupakan kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya.

Dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

"Untuk itu, masyarakat kita yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana, kalau bisa tanggaplah kalau memang terjadi kebencanaan, baik itu Gempa berpotensi Tsunami, banjir, Longsor, Angin Puting Beliung," pintanya.

Sejauh ini, lanjut pria yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kabid Rehab Rekon BPBD Kota Padang pihaknya aktif memberikan edukasi, sosialisasi maupun simulasi penanganan kebencanaan kepada masyarakat yang terlibat di Kelurahan Tangguh Bencana.

"Dengan demikian, mereka bisa melakukan penanganan secara dini ketika terjadi kebencanaan. Karena mereka telah kami bekali dengan edukasi maupun simulasi," tutupnya.

Pada hari ini Senin (19/06) kita memberikan pembekalan kepada Masyarakat dan Stakeholder yang ada seperti Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM, Organisasi Kemasyakatan yang ada di Kelurahan Batang Arau mengenai teknis persiapan kegiatan simulasi Kebencanaan yang akan kita lakukan pada Selasa (20/06) yang berpusat di Tirtonadi

Simulasi Penanggulangan Bencana yang dilaksanakan merupakan tahapan terakhir dari rangkaian  tahapan pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana.

"Mulai dari Persiapan, Penyusunan Profil, Analisa Resiko, Penyusunan Peta dan RAK, serta gladi bersih. Kedepannya dengan menjadi Kelurahan Tangguh Bencana diharapkan Warga Batang Arau ebih siap dan memiliki kemandirian dalam menghadapi bencana," ujar Edrian. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »