Nilai-Nilai Moral Masyarakat Yang Terkandung Dalam Naskah Kuno Sejarah Cirebon

PERKEMBANGAN zaman saat ini sangatlah pesat, mulai dari teknologi, ilmu pengetahuan bahkan kebudayaan yang telah dibangun lama pun bisa ikut berubah. Persebaran informasi yang berkembang di masyarakat terkadang dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat sehingga tidak mengherankan jika masyarakat mudah termakan informasi-informasi palsu. 

Dalam tatanan dunia yang beradat dan berbudaya, manusia memiliki nilai-nilai yang harus mereka banggakan dan mereka jaga agar nilai-nilai yang sudah tertanam tidak hilang dengan mudah. Maka dari itu kebudayaan adalah sesuatu yang dijaga oleh masyarakat agar nilai-nilai moral yang sudah terbentuk tidak mudah digantikan oleh perkembangan zaman. 

Dalam tulisan ini masalah yang bisa dikembangkan adalah apa nilai-nilai moral yang terkandung dalam naskah kuno sejarah Cirebon? Apakah fungsi sosial dari naskah kuno sejarah Cirebon?

Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menjelaskan nilai-nilai moral yang terkandung dalam naskah kuno sejarah Cirebon dan menjelaskan fungsi sosial yang terdapat dari naskah kuno sejarah Cirebon.

Nilai-Nilai Moral Yang Terkandung Dalam Naskah Kuno Sejarah Cirebon

Nilai moral merupakan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat. Biasanya dari nilai-nilai moral yang terlihat di dalam suatu masyarakat dapat membuat kita mengetahui bahwa masyarakat tersebut memiliki lingkungan yang baik atau tidak. 

Namun ada juga nilai-nilai moral dari masyarakat yang memang sudah ada dari zaman leluhur mereka. Biasanya kebudayaan yang sudah berlaku dari masa lampau ini dapat ditemukan di dalam sebuah benda-benda peninggalan yang sudah pasti di dalmnya terdapat sejarah dan nilai-nilai moral yang dapat dijadikan acuan untuk masyarakat sekitar dalam menata masyarakatnya.

Peninggalan-peninggalan sejarah itu sangatlah banyak salah satunya adalah naskah kuno. Naskah kuno atau yang biasa dikenal dengan manuskrip merupakan naskah yang berisikan tulisan-tulisan kuno yang mengandung sejarah, budaya dan nilai-nilai sejarah yang biasanya sudah berumur lebih dari lima puluh tahun. 

Dalam menenliti sebuah naskah kuno biasanya teknik dan teori yang digunakan sangatlah berhubungan dengan filologi. Karena ilmu dari filologi inilah yang dirancang khusus untuk mempelajari sebuah naskah kuno. 

Teori atau cara-cara yang berasal dari penelitian filologi sudah pasti akan mengungkapkan isi dan informasi yang terkandung di dalam sebuah naskah kuno salah satunya berupa informasi mengenai nilai-nilai moral. 

Dalam naskah kuno tidak hanya menceritakan mengenai sejarah tetapi juga nilai-nilai moral seperti yang terdapat dalam naskah kuno sejarah Cirebon.

Di dalam naskah kuno Cirebon mengandung banyak sekali informasi-informasi yang bisa kita gali seperti sejarahnya dan dari sejarahnya inilah menceritakan kehidupan moral serta sosial yang ada di masyarakatnya pada saat itu.

Sehingga dalam kisah sejarahnya kita dapat mengambil kandungan nilai-nilai moral yang terdapat dalam naskah itu.

Nilai-nilai moral yang terdapat dalam naskah kuno sejarah Cirebon yaitu:

Pertama, Nilai Moral Manusia Terhadap Tuhan. Nilai moral yang terlihat di dalam naskah kuno sejarah Cirebon salah satunya adalah moral manusia terhadap Tuhan.

Manusia harus memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan-nya sebagai tanda bahwa manusia tersebut taat dan terhindar dari keburukan. Moral manusia terhadap Tuhan mengajarkan bahwa manusia hidup itu memiliki aturan yang tetap dan tidak dapat diubah oleh siapapun dengan diturunkannya buku panduan yang tidak lain adalah Al-Qur’an.  

Nilai moral ini sangatlah berhubungan erat karena Tuhan mengajarkan kita untuk selalu pada ajarannya yaitu saling mencintai satu sama lain dan menjalankan segala perintah-nya. 

Nilai moral ini mengajarkan kita untuik selalu taqwa dan berserah diri kepada Tuhan serta tidak pernah lupa dalam menjalankan ibadah kepada Tuhan. 

Pelaksanaan seperti inilah yang terdapat dalam naskah kuno Sejarah Cirebon yang dimana kita tidak boleh melupakan Tuhan dalam hal apapun kegiatan kita.

Kedua, Nilai Moral Manusia Terhadap Pribadi. Nilai moral ini mengajarkan kita akan satu hal yang dimana kita harus bisa menguasai diri kita sendiri dan tidak memiliki nafsu yang berlebihan. 

Karena jika kita sudah terpengaruh akan nafsu yang kita miliki maka pekerjaan yang sedang kita lakukan akan menjadi terburu-buru dan tidak sesuai. 

Dalam mengontrol emosi juga merupakan bagian dari menguasai diri sendiri. Orang yang selalu emosian akan memiliki kesulitan dalam kehidupannya, maka dari itu Tuhan mengajarkan kita untuk tetap tenang dan sabar karena dari segala banyak cobaan yang terjadi pada diri kita akan memiliki hikmahnya tersendiri.

Ketiga, Nilai Moral Manusia Terhadap Manusia Lainnya. Manusia memiliki hubungan yang sangat luar biasa. Hubungan manusia itu sangatlah luas sehingga membuat manusia menjadi makhluk yang serba lengkap.

Manusia adalah makhluk sosial yang dimana tidak dapat bergerak sendiri dan membutuhkan orang lain untuk mengerjakan segala aktifitas yang dimilikinya.  

Maka dari itu hubungan sesama manusia harus terjalin dengan sangat erat karena jika hubungan sesame manusianya sudah rusak maka akan sangat sulit manusia lainnya untuk melakukan sesuatu dengan saling bekerja sama. 

Kerja sama adalah salah satu hal yang sudah dilakukan manusia selama turun temurun dari zaman nenek moyang kita dengan guna menjalin suatu keakraban satu sama lainnya.

Keempat, Nilai Moral Manusia Dengan Alam. Manusia memiliki hubungan juga terhadap alam karena segala sesuatu yang manusia dapatkan di dunia ini berasal dari alam. 

Alam hidup berdampingan dengan manusia maka dari itu jika manusia merusak alam maka alam akan marah. 

Alam harus dijaga sangat baik jika alam itu tidak ingin marah kepada kita. Menjaga alam juga merupakan salah satu cara kita untuk menjaganya karena semua sumber daya alam yang didapat oleh manusia berasal dari alam dan kita sebagai manusia yang memperoleh segalanya dari alam harus bisa menjaganya dengan baik agar alam merasa nyaman dengan kehadiran kita sebagai manusia.

Fungsi Sosial Naskah Kuno Sejarah Cirebon

Dari naskah kuno sejarah Cirebon terdapat iluminasi yang memiliki makna. Gambar-gambar dari iluminasi memiliki makna mengenai fungsi sosial yang ada di masyarakat Cirebon pada saat itu. Dari iluminasi naskah kuno yang ada di Cirebon dapat berfungsi sebagai berukut:

Masyarakat Pedalangan

Fungsi ini memanfaatkan iluminasi naskah kuno menjadi sebuah cerita yang dapat menghibur masyarakat. Di jawa wayang menjadi hiburan yang sangat menarik sehingga dalang sebagai orang yang memainkan wayang tersebut tentu memiliki cerita yang akan dimainkannya.

Permainan wayang biasanya memiliki cerita yang diambil dari sejarah-sejarah atau cerita-cerita lokal yang berkembang di kalangan masyarakat sehingga dikemas kedalam bentuk wayang agar terlihat menarik.

Praktisi Seni Rupa

Penggiat seni dimanapun daerah sudah pasti memiliki referensi untuk menghasilkan karya-karya yang diciptakannya. Karya-karya yang diciptakan dari penggiat seni biasanya sangatlah menarik dan dapat menghibur banyak orang tetapi sebelum menjadi sebuah karya seni yang utuh pasti terdapat proses yang panjang untuk mencapai tahap itu. 

Naskah kuno menjadi referensi yang kompleks untuk menghasilkan sebuah karya. Karya-karya yang dihasilkan berasala dari naskah kuno memiliki kesan yang menarik dikalangan penggiat seni.

Naskah kuno selain menjadi gudang informasi masa lampau juga sangat bernilai di kalangan penggiat seni karena dari naskah kuno tersebut sebuah karya bisa bermunculan.

Ahli Tasawuf 

Para ahli tasawuf juga menjadikan naskah kuno sebagai referensi mereka. Mereka melukis sebuah tulisan atau sebuah gambar yang unik salah satu referensinya adalah melalui naskah kuno. 

Naskah kuno jika di tangan para ahli tasawuf maka akan tercipta karya-karya yang indah yang bis akita nikmati. 

Pajangan-pajangan dinding yang berupa lukisan-lukisan corak yang dibuat dari para ahli tasawuf menandakan bahwa naskah kuno menjadi referensi yang sangat bernilai.

*Ditulis Oleh: Audia Nesty  Jurusan Sastra Minangkabau, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »