Diarak Anak Kemenakan ke Rumah Gadang Suku Chaniago, Saluak Penghulu Dipasangkan, Wako Padang Hendri Septa Resmi Sandang Gelar Adat Datuk Alam Batuah

Diarak Anak Kemenakan ke Rumah Gadang Suku Chaniago, Saluak Penghulu Dipasangkan, Wako Padang Hendri Septa Resmi Sandang Gelar Adat Datuk Alam Batuah
Wali Kota Padang Hendri Septa diarak ratusan anak kemenekannya dari Simpang Lubuk Begalung ke Rumah Gadang Suku Chaniago di Jalan Raya Lubeg.
BENTENGSUMBAR.COM
  - Diarak ratusan anak kemenekannya dari Simpang Lubuk Begalung ke Rumah Gadang Suku Chaniago di Jalan Raya Lubeg, Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi dipasangkan Saluak Penghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono, Jumat (3/5/2024).

Sebelum prosesi pemasangan, Saluak Penghulu terlebih dahulu diserahkan oleh Mamak Kapalo Warih Suku Chaniago Sumagek Delfian Sari Marajo kepada Ketua KAN Nan 20 Lubuk Begalung, H. Admiral Dt. Rajo Sampono untuk kemudian dipasangkan ke Hendri Septa yang akan menyandang gelar adat Datuak Alam Batuah. 

"Dengan dipasangkannya Saluak Panghulu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibao tagak samo tinggi, duduak samo randah, lah bisa dibao saiyo sakato (Dengan dipasangkannya Saluak Penghulu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibawa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, sudah bisa dibawa berdiskusi bersama)," kata H. Admiral Dt. Rajo Sampono. 

Pemasangan Saluak Penghulu merupakan salah satu prosesi wajib yang harus dijalani calon Niniak Mamak sebelum dilewakan sebagai penghulu.

Hendri Septa sendiri akan dilewakan sebagai Dt. Alam Batuah Penghulu Suku Chaniago di kediaman orangtuanya, Jalan Kis Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Sabtu (4/5).

Prosesi Malewakan Batagak Panghulu tersebut direncanakan juga bakal dihadiri Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

Diarak Babendi ke Rumah Gadang

Sebelum menuju Rumah Gadang Kaum Suku Caniago Sumagek, Wali Kota Padang Hendri Septa diarak dengan bendi diiringi dengan musik tambua tansa, Jumat (3/5/2024).

Dalam prosesi tersebut, sebelum  dilepas meninggalkan rumah dinas, harus berpedoman dengan petatah petitih adat.

Manti Kerapatan Adat Nagari Nan XX Lubuk Begalung, Kasril Rajo Intan  menjelaskan, petatah petitih adat ini merupakan warisan yang tidak bisa dihilangkan, 'Warih Bajawek' yang dilakukan secara turun menurun.

"Setibanya di Rumah Gadang, akan diserahkan saluak dari Kerapatan Adat Nagari ke Penghulu. Kemudian disampaikan makna saluak, selain itu semua yang dikenakan Penghulu akan dijelaskan maknanya," katanya  saat diwawancara di Rumah Dinas Wali Kota Padang.

Ia melanjutkan kehadiran seorang Penghulu sperti pepatah 'Bak kayu gadang di tangah koto, ureknyo tampek baselo, batangnyo tampek basanda, dahannyo tampek bagantuang, daunnyo perak suaso, bungonyo ambiak kasuntiang, buahnyo buliah dimakan, tampek bataduah kutiko ujan, tampek balinduang katiko paneh'.

"Selain bertanggung jawab untuk melindungi anak kemenakan, seorang penghulu juga wajib melindungi penduduk kaum, dan memelihara harta pusaka yang dimiliki kaum,"ujarnya.

Ia berharap dengan malewakan gala bagi Wali Kota Padang, Hendri Septa dapat mengamanahkannya dengan baik sesuai aturan dan adat.

"Maurus anak kamanakan, sako pusako, urang kampung dipatenggang," jelasnya.

Mengetahui Makna Saluak Penghulu yang Dipasangkan kepada Wako Hendri Septa

Pemasangan Saluak Penghulu jadi salah satu prosesi yang harus dijalani Wali Kota Padang, Hendri Septa sebelum menyandang gelar Dt. Alam Batuah dari Suku Chaniago Sumagek.

Pemasangan Saluak Penghulu dilakukan oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan 20 Lubuk Begalung, H Admiral Dt. Rajo Sampono, di Rumah Gadang Suku Chaniago di Jalan Raya Lubeg, Padang, Jumat (3/5/2024) sore.

Lalu apa makna Saluak yang dipasangkan kepada orang nomor satu Kota Padang tersebut?

Menurut Mantri Nagari Nan XX Lubuk Begaluang Kasril Rajo Intan, Saluak merupakan makhota seorang penghulu atau Niniak Mamak.

"Kok panjangnyo kapandukuang anak kamanakan, leba ka mandidiang korong jo kampuang, hamparan di rumah tanggo, paraok gonjong nan ampek," katanya.

Dia pun menjelaskan bahwa Saluak Penghulu melambangkan bahwa seorang penghulu harus dapat jadi pengayom di tengah-tengah kaumnya dan nagari.

"Di halaman manjadi payuang panji kebasaran tampek bataduah dek kahujanan tampek balinduang dek kaepanasan. Dek anak kamanakan nan sapayuang nan sapatagak sapakat warih mandirikan, sabuah kaum manjala masuak nagari yaitu Dt. Alam Batuah dari Suku Chaniago Sumagek," kata Kasril Rajo Intan yang disambut anggukan dari puluhan penghulu yang hadir pada prosesi pemasangan Saluak Penghulu tersebut.

Sebelum prosesi pemasangan, Saluak Penghulu terlebih dahulu diserahkan oleh Mamak Kapolo Warih Suku Chaniago Sumagek Delfian Sari Marajo kepada Ketua KAN Nan 20 Lubuk Begalung, H. Admiral Dt. Rajo Sampono untuk kemudian dipasangkan ke Hendri Septa yang akan menyandang gelar adat Datuak Alam Batuah.

"Dengan dipasangkannya Saluak Panghulu iko Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibaok tagak samo tinggi duduak samo randah, lah bisa dibaok saiyo sakato (Dengan dipasangkannya Saluak Penghulu, Hendri Septa Dt. Alam Batuah sudah bisa dibawa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, sudah bisa dibawa berdiskusi bersama)," kata H. Admiral Dt. Rajo Sampono.

Setelah melaksanakan proses pemasangan Saluak Penghulu tersebut Hendri Septa sendiri akan dilewakan sebagai Dt. Alam Batuah Penghulu Suku Chaniago di kediaman orangtuanya, Jalan Kis Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Sabtu (4/5/2024).

Prosesi Malewakan Batagak Panghulu tersebut direncanakan juga bakal dihadiri Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (adv)

#liputankhususpemkopadang
#dinaskominfopadang
#padangrancak
#padangtacilak

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »