Erdogan: Semua yang Terlibat dalam ‘Kudeta Gagal’ akan Dipenggal

Erdogan berbicara serius dengan Wapres Jusuf Kalla dalam suatu kesempatan.

Erdogan: Semua yang Terlibat dalam ‘Kudeta Gagal’ akan Dipenggal
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperingatkan bahwa dia akan memenggal kepala pengkhianat ketika negara itu menandai ulang tahun pertama sebuah kudeta yang gagal.

Berpidato di hadapan massa pengunjuk rasa pada hari Sabtu, 15 Juli 2017, Erdogan memperingatkan bahwa pemerintahannya secara serius mempertimbangkan akan menjatuhkan hukuman mati bagi mereka.

"Pertama-tama kita akan memenggal kepala pengkhianat tersebut," katanya.

"Apakah rakyat saya memiliki senjata di tangan mereka? Mereka memiliki bendera mereka - seperti yang mereka lakukan hari ini - dan senjata yang lebih efektif. Mereka memiliki kepercayaan mereka," tambahnya.

Berbagai acara akan digelar di Turki untuk memperingati setahun upaya kudeta yang gagal, yang menewaskan 260 orang dan melukai 2.196 orang.

Faksi militer berusaha merebut kekuasaan dari Presiden Recep Tayyip Erdogan namun upaya tersebut gagal.

Sejak kudeta, pemerintah telah memecat lebih dari 150.000 pegawai dari institusi negara dalam pembersihan yang masih terus berlanjut sampai malam peringatan setahun kudeta.

Pemerintah menolak kecaman, dan mengatakan mereka harus membersihkan pendukung kudeta.

Namun upaya pembersihan tersebut, selain juga 50.000 penahanan, telah menguatkan oposisi.

Kritik terhadap Erdogan mengatakan bahwa pemecatan tersebut adalah cara untuk membungkam perbedaan pendapat dalam politik, dan minggu lalu ratusan ribu orang berkumpul di Istanbul, di akhir aksi pawai keadilan sepanjang 450km untuk menentang pemerintah.

Inisiator acara tersebut, politisi oposisi Kemal Kilicdaroglu, mengecam kudeta namun mengatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh Erdogan sejak kudeta mirip seperti 'kudeta kedua'.

Presiden mengumumkan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam pawai keadilan tersebut mendukung terorisme.

Aksi-aksi besar berlangsung pada Sabtu, dan Presiden Erdogan akan berpidato di parlemen pada jam yang sama saat dibom.

Hari itu sudah dinyatakan sebagai libur tahunan.

Erdogan juga akan menghadiri aksi di Istanbul di jembatan yang menyeberangi Bosphorus, tempat warga mencegat tentara.

Pemerintah Turki menuduh gerakan pengikut setia ulama Fethullah Gulen yang melakukan plot untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Juli 2016 lalu.

Gulen, yang berada di Amerika Serikat, membantah keterlibatannya. Washington sejauh ini menolak tuntutan dari pemerintah Turki untuk mengekstradisi ulama itu.

Istanbul kini penuh dengan billboard raksasa yang memperingati setahun upaya kudeta dan poster yang menunjukkan orang-orang yang mencegat tentara pro-kudeta.

(BY/IT/BBC)
Iklan Emzalmi-Desri

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Catatan BY Dunia Emzalmi-Desri Headline Hukrim Lifestyle Nusantara Opini Padang Pariwara Parlementaria Politik Ranah Minang Seleb Sport
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Erdogan: Semua yang Terlibat dalam ‘Kudeta Gagal’ akan Dipenggal
Erdogan: Semua yang Terlibat dalam ‘Kudeta Gagal’ akan Dipenggal
Erdogan berbicara serius dengan Wapres Jusuf Kalla dalam suatu kesempatan.
https://1.bp.blogspot.com/-ZUCHJ1pQWzc/WWurOT13hLI/AAAAAAAAs3g/3Q87cTVkjwEABoOSryEpzzdm29OnLITkACLcBGAs/s640/Erdogan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZUCHJ1pQWzc/WWurOT13hLI/AAAAAAAAs3g/3Q87cTVkjwEABoOSryEpzzdm29OnLITkACLcBGAs/s72-c/Erdogan.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/erdogan-semua-yang-terlibat-dalam.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/07/erdogan-semua-yang-terlibat-dalam.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy