OTT Bupati Batubara, KPK Amankan Uang Tunai Rp364 Juta

Wakil ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan penyerahan uang itu atas suruhan Bupati Batubara, Oka.

OTT Bupati Batubara, KPK Amankan Uang Tunai Rp364 Juta
BENTENGSUMBAR.COM - Tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi mengamankan uang Rp 364 juta dari operasi tangkap tangan di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Uang itu diduga bagian dari suap yang diterima oleh Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnain.

"Dari OTT ini total KPK mengamankan uang tunai senilai Rp 364 juta," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam konferensi pers di kantornya, Kamis, 14 September 2017. 

Pertama KPK mengamankan uang sebesar Rp 250 juta yang dibungkus dalam kantong plastik hitam dari tangan pihak swasta, Khairil Anwar (KHA). Ia mengambil uang tersebut dari seorang pemilik dealer mobil, Sujendi Tarsona (STR) alias Ayen. 

Wakil  ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan penyerahan uang itu atas suruhan Bupati Batubara, Oka. 

"Tanggal 12 September 2017, diketahui Oka meminta STR agar menyiapkan uang Rp 250 juta yang akan diambil oleh KHA esok harinya di dealer mobil milik STR," papar Basaria.

Kemudian, lanjut Basaria, tim KPK mengamankan uang Rp 96 juta dari tangan supir istri Bupati Oka, Muhammad Noor. Uang itu diamankan di rumah dinas Bupati Oka. 

Basaria menjelaskan, uang Rp 96 juta itu merupakan sisa dana yang telah ditransfer oleh Sujendi kepada Staf Pemkab Batubara, Agus Salim (AGS). 

"Uang 96 juta itu diduga merupakan sisa dana transfer dari STR kepada AGS atas permintaan Bupati pada 12 September 2017 sebesar Rp 100 juta," imbuhnya. 

Uang itu diduga bagian dari suap yang diberikan oleh dua kontraktor Maringan Situmorang (MAS) dan Syaiful Azhar (SAZ) terkait tiga proyek pembangunan infrastruktur di Batubara. 

"(Uang yang diamankan) diduga bagian dari fee proyek Rp 4,4 miliar yang diduga diterima oleh Bupati Batubara melalui para perantara terkait beberapa pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Batubara tahun anggaran 2017," timpal Alex. 

Selain itu penyidik juga menemukan rekening BRI atas nama Sujendi Tarsono yang berisi saldo Rp 1,6 miliar. 

Basaria menyebutkan, Sujendi berperan sebagai pengumpul uang suap yang diberikan oleh dua kontraktor tersebut. 

"Jadi semua dana disetorkan kepada STR. Pada saat tertentu Oka butuh akan telepon, nanti diberikan (uangnya)," sambungnya. 

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang tersangka, yakni Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, pihak swasta, Sujendi Tarsono alias Ayen; Kepala Dinas PUPR Pemkab Batubara, Helman Herdady; serta dua kontraktor, Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar. 

(by/rmol)

COMMENTS

BLOGGER

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Agama Catatan BY Celebrity Dunia Ekonomi Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Ranah Bingkuang Ranah Minang Warta Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: OTT Bupati Batubara, KPK Amankan Uang Tunai Rp364 Juta
OTT Bupati Batubara, KPK Amankan Uang Tunai Rp364 Juta
Wakil ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan penyerahan uang itu atas suruhan Bupati Batubara, Oka.
https://1.bp.blogspot.com/-RWfAjRBpn-I/WbqhxDo6gHI/AAAAAAAAvS4/gKxNa_G5yWgHgA5Ex7ZwRf85VGW7anMUwCLcBGAs/s640/Basaria%2BPanjaitan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-RWfAjRBpn-I/WbqhxDo6gHI/AAAAAAAAvS4/gKxNa_G5yWgHgA5Ex7ZwRf85VGW7anMUwCLcBGAs/s72-c/Basaria%2BPanjaitan.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/ott-bupati-batubara-kpk-amankan-uang.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/09/ott-bupati-batubara-kpk-amankan-uang.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy