Branding Pariwisata Sumbar Taste Of Padang

BENTENGSUMBAR. COM - Akhirnya, branding pariwisata Sumbar ditetapkan. Taste Of Padang disepakati sebagai branding pariwisata Sumbar oleh...

BENTENGSUMBAR. COM - Akhirnya, branding pariwisata Sumbar ditetapkan. Taste Of Padang disepakati sebagai branding pariwisata Sumbar oleh kabupaten dan kota dalam Forum Group Discussion (FGD) di Hotel Mercure Padang, Jumat, 24 November 2017. 

Nasrul Abit usai penetapan branding mengatakan, Kesepakatan tercapai setelah ada masukan dari peserta, selanjutnya memberikan pemahaman kepada peserta yang hadir oleh konsultan branding. Maka  disepakatilah Taste Of Padang.

Ia mengatakan, branding tersebut akan dideklarasikan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk dijadikan jualan pariwisata Sumbar.

"Setelah ini disetiap iven pariwisata akan ditampilkan logo dan branding tersebut," ujarnya.

Penetapan branding setelah diskusi alot antara perwakilan daerah dengan konsultan branding dimoderatori oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Awalnya Taste of Padang culture of Minang, namun ada sanggahan dari Bupati Mentawai Yudas Sabagalet. Selanjutnya ada masukan dari Wakil Bupati Kabupaten Padang Pariaman, kemudian ada juga masukan dari para perwakilan kabupaten dan kota lainnya.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet menilai "Minangkabau" tidak mewakili daerah yang dipimpinnya. Padahal Pemkab Mentawai telah mempersiapkan pariwisata jauh-jauh hari. Bahkan pihaknya menolak Hutan Tanaman Industri (HTI) hadir di negeri Sikerei itu.

"Kalau begini kami keluar saja dari Sumbar soal pengembangan pariwisata. Sepertinya tim branding tidak pergi ke Mentawai," tegas Yudas.

Hal yang sama disampaikan Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, pembandingan harus mewakili semua daerah (19 kabupaten dan kota) di Sumbar. 

"Harus mewakili semua daerah," imbuhnya.

Bupati Solok, Gusmal juga berpendapat demikian. Akhirnya, setelah diskusi dan mempertimbangkan nilai jual, FGD bersepakat bahwa *"Taste Of Padang"* menjadi branding pariwisata Sumbar memakai logo desain rumah gadang dengan memadukan lima warna wonderful Indonesia dalam setiap gonjong.

Namun, dari forum tersebut juga disepakati agar tim branding untuk memperbaiki paduan warna. Sebab warna yang saat ini masih kurang bagus dan kontras. 

"Sebaiknya perpaduan warna lebih ditata sehingga bagus untuk dilihat dan tajam. Seperti logo wonderful Indonesia biar berserakan tapi terlihat padu dan tajam," kata Wakil Bupati Padang Pariaman dipenghujung kegiatan.

Konsultan Pariwisata Ahmad menjelaskan, perbaikan logo akan dilakukan dalam minggu ini dan setelah itu dilakukan launching branding.

Ia mengatakan, dalam proses pembrandingan, pihaknya telah melalui banyak tahapan proses dan berpatokan kepada apa yang lebih dikenal orang (luar dan dalam negeri) tentang pariwisata Sumbar. 

"Patokan, survei, analisa ilmiah itu dipadu sehingga lahir "Taste of Padang culture of Minang"," jelasnya.

Terkait dihilangkan "Culture of Minang", tidak jadi masalah, karena menurutnya proses akhir branding memang melalui diskusi dengan pemangku daerah.

Terkait patokan dalam membuat branding, Ahmad menjelaskan, digabungkan antara Bagonjong, Padang, Warna dan Tipografi daerah sehingga lahir branding yang mewakili secara keseluruhan daerah tersebut. 

"Taste Of Padang" sangat mewakili keseluruhan pariwisata Sumbar," tutupnya.

(jr)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Branding Pariwisata Sumbar Taste Of Padang
Branding Pariwisata Sumbar Taste Of Padang
https://3.bp.blogspot.com/-_9UJSiIUqCI/WhhOxHFsgEI/AAAAAAAAye4/k702i8W98444TuLRYM8fMMsbGviqvW6SACK4BGAYYCw/s640/IMG-20171124-WA0071-768032.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_9UJSiIUqCI/WhhOxHFsgEI/AAAAAAAAye4/k702i8W98444TuLRYM8fMMsbGviqvW6SACK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20171124-WA0071-768032.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/branding-pariwisata-sumbar-taste-of.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/branding-pariwisata-sumbar-taste-of.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy