Seminar Nasional, Seni Qasidah Senyawa dengan ABS-SBK

Seminar ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Kota Padang Didi Aryadi.

Seminar Nasional, Seni Qasidah Senyawa dengan ABS-SBK
BENTENGSUMBAR. COM - Seni qasidah sudah bersenyawa di dalam kehidupan budaya masyarakat Minangkabau yang berlandaskan "Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Dalam upacara - upacara adat misalnya, pernikahan, sunat rasul, khatam quran dan 'batagak gala' serta kematian, ada irama bernuansa qasidah yang dilantunkan.

Hal itu diungkapkan Tuanku Bagindo H. Mohammad Leter (TBH M. Leter) selaku nara sumber dalam Seminar Nasional Seni Qasidah yang digelar di Aula Disnaker Provinsi Sumatera Barat, Jalan Ujung Gurun, Selasa, 21 November 2017.

"Budaya Minangkabau sangat akrab dengan seni qasidah. Itu tercernin dalam upacara-upacara adat," ujarnya.

Ulama sepuh Sumatera Barat ini menyayangkan, dewasa ini generasi muda kebanyakan beralih ke kesenian-kesenian yang terkadang tidak bersinggungan dengan nafas budaya Islami. Seni qasidah lengang dari minat anak muda. Nasibnya nyaris sama dengan kesenian tradisional lainnya.

Menurutnya, adanya Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional yang dituanrumahi Kota Padang akan membangkitkan kembali seni Islami sebagai bagian dari budaya bangsa Indonesia.

"Festival qasidah di Kota Padang akan membangkitkan seni Islami serta memancing kembali minat generasi muda menyimak dan menyukainya," imbuhnya.

Selain TBH M. Leter, pemapar lainnya adalah dari unsur akademisi dan pelaku seni qasidah serta pemerintah daerah.

Adapun seminar ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Kota Padang Didi Aryadi mewakili Walikota Padang. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian gelaran Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional ke-22 yang diikuti peserta dari 32 provinsi.

Didi Aryadi mengatakan, melalui kegiatan festival qasidah akan mengangkat nilai-nilai seni islami yang berunsur dakwah. Sekaligus jalinan silaturahim antar umat Islam di Nusantara semakin erat.

"Festival qasidah di Kota Padang memberikan 'multiplyer efect' , selain untuk pengembangan seni islami dan silaturahim, juga berdampak ekonomi kepada masyarakat," kata Didi.

Untuk diketahui, Padang adalah daerah setingkat kota yang pertama selaku penyelenggara, sedangkan 21 kali sebelumnya penyelenggara Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional adalah pemerintahan provinsi.

(Joim)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Seminar Nasional, Seni Qasidah Senyawa dengan ABS-SBK
Seminar Nasional, Seni Qasidah Senyawa dengan ABS-SBK
Seminar ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Kota Padang Didi Aryadi.
https://1.bp.blogspot.com/-tJR4eDUGm8w/WhRMQ-Y7DtI/AAAAAAAAJgc/_va52NNVbC8GmWoiMcKLU2vwdS0gqaskACLcBGAs/s640/Didi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tJR4eDUGm8w/WhRMQ-Y7DtI/AAAAAAAAJgc/_va52NNVbC8GmWoiMcKLU2vwdS0gqaskACLcBGAs/s72-c/Didi.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/seminar-nasional-seni-qasidah-senyawa.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/11/seminar-nasional-seni-qasidah-senyawa.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy