Buwas: Jaringan China Pasok Ribuan Ton Sabu ke Indonesia

Kepala BNN Komjen Budi Waseso (tengah).

Buwas: Jaringan China Pasok Ribuan Ton Sabu ke Indonesia
BENTENGSUMBAR. COM - Kepala BNN Komjen Budi Waseso dibuat terkaget-kaget saat kunjungan ke China beberapa waktu lalu. Bukan tanpa alasan kagetnya itu, dia menemui fakta kalau jaringan narkotika China menjadi pemasok terbesar sabu ke Indonesia. 

"Kaget saya di kala saya menemukan data akurat dari China. Sumber narkotika terbesar jenis sabu terbesar itu dari China dan itu diakui China. Tadinya dia bantah, tapi diakui di kala kami datang ke China," ujar pria yang akrab disapa Buwas ini di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 7 Desember 2017.

Buwas menuturkan ada data akurat yang menjelaskan jaringan narkotika China jadi pemasok sabu terbesar ke Indonesia. Hal ini membuatnya miris. 

"Saya miris dan terkejut karena di China itu terdata produksi sampai tingkat kabupaten/provinsi dan mereka bisa mendatakan produksi ini larinya ke mana, di beli oleh siapa dan pada akhirnya disispkan kepada khusus Indonesia," sebut dia. 

"Dikuatkan keterangan itu oleh 4 kepolisian China dengan 1 kementerian masalah narkotika di China," imbuh Buwas. 

Dikatakan Buwas, jumlah sabu yang dipasok dari China ke Indonesia tak sedikit. Jika ditotal, beratnya bahkan mencapai ribuan ton. 

"Satu produksi sabu yang dipasok ke Indonesia sebanyak 200... (data tahun) 2016 lah, itu data dari dia 250 ton bentuk sabu. Prekusor yang terkirim ke Indonesia dari China, pasar gelap bukan resmi, itu 1.096,7 ton," ungkap Buwas. 

Buwas juga mengungkap total belanja narkotika di Indonesia selama satu tahun. Jika dirata maka per tahunnya Indonesia menghabiskan dana hampir Rp 70 triliun untuk belanja narkotika. 

"Satu jaringan, Poni Tjandra dengan jaringannya yang berhubungan Freddy Budiman, itu kita buktikan dalam satu tahun dia menghasilkan Rp 3,6 T. Itu hasil TPPU. Kalau 72 jaringan selama 1 tahun menghasilkan 1 triliun, maka belanja narkotika di Indonesia ini Rp 72 T," sebut Buwas.

(Sumber: detik.com)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Buwas: Jaringan China Pasok Ribuan Ton Sabu ke Indonesia
Buwas: Jaringan China Pasok Ribuan Ton Sabu ke Indonesia
Kepala BNN Komjen Budi Waseso (tengah).
https://1.bp.blogspot.com/-NwmmpFLYyLo/Wil8I-55lCI/AAAAAAAAKRo/Mk2Hqm0dB5M0D6BuaZIcvskK2SdY_qGtQCLcBGAs/s640/Buwas.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-NwmmpFLYyLo/Wil8I-55lCI/AAAAAAAAKRo/Mk2Hqm0dB5M0D6BuaZIcvskK2SdY_qGtQCLcBGAs/s72-c/Buwas.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/buwas-jaringan-china-pasok-ribuan-ton.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2017/12/buwas-jaringan-china-pasok-ribuan-ton.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy