Arfian: Dengan Aplikasi PATUH, Warga Dapat Pelayanan Mudah

Arfian menilai sistem pelayanan "PATUH" yang diterapkan Kelurahan Gunung Pangilun merupakan inovasi cerdas.

Arfian: Dengan Aplikasi PATUH, Warga Dapat Pelayanan Mudah
BENTENGSUMBAR. COM - Warga yang berurusan di Kantor Lurah Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara bakal mendapatkan pelayanan mudah dan memuaskan. Bukan saja karena ruang pelayanan yang representatif tetapi warga dimudahkan dan cepat dengan pelayanan berbasis aplikasi.

Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Kota Padang, Arfian, menilai sistem pelayanan disebut "PATUH" yang diterapkan Kelurahan Gunung Pangilun merupakan inovasi cerdas. Selain ruangannya nyaman, alur pelayanan juga dibuat lebih simpel menggunakan aplikasi berbasis android.

"Dengan inovasi pelayanan yang akan diterapkan Kelurahan Gunung Pangilun diyakini memberikan kemudahan kepada setiap warga yang berurusan," kata Arfian saat menyempatkan meninjau ruang "PATUH" Kelurahan Gunung Pangilun yang tengah dipersiapkan, Sabtu, 6 Januari 2018.

Menurut Arfian, untuk pelayanan publik yang lebih baik, Lurah dan Camat memang perlu berinovasi. Masyarakat saat ini cenderung menginginkan yang praktis, simpel dan cepat.

"Tidak zamannya lagi birokrasi yang berbelit-belit karena akan menyulitkan masyarakat. Yang akan diciptakan adalah kemudahan, praktis dan cepat dalam setiap urusan," kata mantan Camat Padang Barat yang pernah menjadi Camat Berkompetensi Terbaik Provinsi Sumatera Barat itu.

Dia mengapresiasi inovasi pelayanan PATUH yang digagas Lurah Gunung Pangilun Andi Amir. Ia melihat banyak inovasi yang muncul di kelurahan yang dipimpin lurah multitalenta tersebut.

Menurut Arfian, munculnya inovasi itu karena ada inspirasi karena sering membuka komunikasi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak. Bukan saja dengan atasan di struktural pemerintahan tetapi juga karena sering turun ke masyarakat. Dari situ akan dapat diidentifikasi apa yang dibutuhkan warga dan persoalan yang dihadapinya.

"Dengan banyak turun ke masyarakat dapat diserap keinginan warga dan diketahui persoalan-persoalan yang dihadapi lalu kita tertantang untuk menjawabnya melalui inovasi-inovasi," papar Arfian.

Terkait pelayanan PATUH yang dihadirkan di Gunung Pangilun, Lurah Andi Amir mengungkapkan, sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat, mutu pelayanan harus lebih ditingkatkan. Hal ini guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan dengan baik.

"Didukung ruangan yang nyaman, tersediannya alur pelayanan, SOP pelayanan, kotak pengaduan dan komitmen pelayanan kita berupaya memberikan pelayanan terbaik," ungkap Lurah yang dikenal dengan tokoh-tokoh masyarakat ini.

Adapun pelayanan yang berbasis aplikasi, dijelaskannya, diluncurkannya aplikasi PATUH pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) bisa berlangsung 24 jam sekalipun dari rumah. Warga cukup mengunduh aplikasi PATUH Kelurahan Gunung Pangilun, memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kemudian memilih jenis pelayanan adminduk. Identitas akan terisi secara otomatis karena sistim ini terintegrasi dengan data profil kependudukan.

Petugas pelayanan di loket PATUH akan mencetak jenis pelayanan dan warga tinggal menyerahkan berkas persyararatan.

"Sistem ini menyederhanakan alur pelayanan, jadi tidak perlu antri dan menunggu lama," tukas Andi Amir.

Dijelaskan Andi Amir, PATUH merupakan inovasi Pelayanan Terpadu Kelurahan disingkat PATUH atau bisa juga singkatan dari Profesional, Amanah, Transparan, Unggul dan Handal dengan semboyan; "Patuh Adminiatrasi, Patuh Melayani".

Terkait waktu peluncurannya, Andi Amir mengaku akan segera dalam bulan awal 2018 ini.

(hms)

COMMENTS

BLOGGER

$hide=page$show=post

Loading...

$show=post

Maklumat:

Wartawan Portal Berita BentengSumbar.com namanya tercantum di Box Redaksi dan dalam bertugas dilengkapi Id.Card. Redaksi menerima kiriman tulisan atau artikel dari pembaca yang dikirim via e-mail: bentengsumbar@gmail.com. Tulisan yang dikirim akan kami edit sesuai kebijakan redaksi.

Ttd. Redaksi
Nama

Afrika Agama Amerika Asia-Pasifik Australia Budaya dan Sastra Catatan BY Celebrity Ekonomi Eropa Hukrim Kesehatan Lifestyle Nagari Nusantara Olahraga Opini Pariwara Pariwisata Parlementaria Pembangunan Pendidikan Pertahanan Pertanian Politik Radikalisme Ranah Bingkuang Ranah Minang Timur Tengah Warta Warta Dunia Warta Emzalmi-Desri
false
ltr
item
BentengSumbar.com: Arfian: Dengan Aplikasi PATUH, Warga Dapat Pelayanan Mudah
Arfian: Dengan Aplikasi PATUH, Warga Dapat Pelayanan Mudah
Arfian menilai sistem pelayanan "PATUH" yang diterapkan Kelurahan Gunung Pangilun merupakan inovasi cerdas.
https://2.bp.blogspot.com/-0CZUbQ3uPKM/WlL-DEGtSrI/AAAAAAAALjE/HbFSDHqNEgQO3Qfim3IlSkA42DYBTcMBQCLcBGAs/s640/Arfian.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-0CZUbQ3uPKM/WlL-DEGtSrI/AAAAAAAALjE/HbFSDHqNEgQO3Qfim3IlSkA42DYBTcMBQCLcBGAs/s72-c/Arfian.jpg
BentengSumbar.com
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/arfian-dengan-aplikasi-patuh-warga.html
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/
http://www.bentengsumbar.com/2018/01/arfian-dengan-aplikasi-patuh-warga.html
true
153895970414697633
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BACA JUGA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari Februari Maret April May Juni Juli Agustus September Oktober November Desember just now 1 menit lalu $$1$$ menit lalu 1 jam lalu $$1$$ jam lalu Kemarin $$1$$ hari lalu $$1$$ minggu lalu more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy