Kuliah di UNU Sumbar Dapat Keringanan Biaya

Kuliah di UNU Sumbar Dapat Keringanan Biaya
Peresmian UNU Sumbar oleh Menteri
Agama RI Lukman Hakim Saifuddin
Didampingi oleh Gubernur Sumbar
Irwan Prayitno.
BENTENGSUMBAR.COM - Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). UNU Sumbar telah melalui proses perizinan pendirian sejak tahun 2014.

"Ini dibuktikan dengan SK Mendikbud RI nomor: 560/E/O/2014 tertanggal Oktober 2014. Berdasarkan itu, UNU Sumbar memiliki 5 fakultas dan 10 program studi berstatus terakreditasi dan memiliki daya saing tinggi yang berorientasi peluang kerja yang luas," ungkap Rudi Kusuma, Rektor UNU Sumbar, Sabtu, 13 Agustus 2016.

Ia mengatakan, lima fakultas yang dimiliki UNU Sumbar adalah Fakultas Hukum dengan program studi S1 Ilmu Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan program studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris.

Berikutnya adalah Fakultas Ekonomi dan Pertanian dengan program studi S1 Ekonomi Islam, dan S1 Agrobisnis. Fakultas Teknik dengan program studi S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, dan S1 Teknik Lingkungan. Fakultas Kelautan dan Perikanan dengan program studi S1 Manajemen Sumber Daya Peraian, dan S1 Budi Daya Peraian.

"Kita memiliki kurikulum KKNI berbasis pasar kerja dan kewirausahaan. Apatah lagi, kita bertujuan mencetak lulusan yang mampu bersaing di era MEA," terangnya.

Dikatakannya, UNU Sumbar juga menjalin kerjasama pemagangan antar kampus UNU se-Indonesia dan jaringan NU internasional, mempunyai jaringan kerjasama dosen dan pemagangan serta pertukaran mahasiswa dengan seluruh universitas se-Indonesia.

"Kita juga memberikan keringanan kepada calon mahasiswa berupa diskon uang pembangunan 50 persen bagi 200 orang pendaftar pertama, gratis biaya SKS, jas almamater, perpustakaan, pratikum, orientasi mahasiswa dan kesehatan. Khusus bagi alumni santri berijazah pesantren kita bebaskan uang pengembangan. Kita juga menyediakan beasiswa 1 sampai 2 semester selama studi," jelasnya.

Ia mengatakan, pendaftaran dibuka tiga gelombang. Gelombang pertama pada tanggal 1-31 Juli 2016 dan tes pada 1 Agustus 2016. Gelombang kedua pada tanggal 1-31 Agustus 2016 dan tes tanggal 1 September 2016. Gelombang kedua pada tanggal 1-30 September 2016 dan tes 1 Oktober 2016. Pendaftaran dilakukan di Kampus UNU Sumbar jalan Bandar Purus No. 71 Padang. (by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »