Mengapa Barat yang Sekuler Bisa Menerapkan Kebersihan dan Menata Keindahan...!??

Mengapa Barat yang Sekuler Bisa Menerapkan Kebersihan dan Menata Keindahan...!??
Keindahan dan Kebersihan Kota Paris yang Menakjubkan.
SATU hal yang saya pelajari selama di Paris, Prancis adalah, “ Bagaimana Menata Kebersihan dan Keindahan kota ”. Mungkin sebagian besar penduduk kota Paris, bahkan Pemerintah Prancis yang sekuler tidak tahu bahwa “Kebersihan adalah Sebagian dari Iman” sebagaimana tercantum dalam kitab-kitab hadis. Apalagi membaca : “…dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS. At-Taubah : 108).

Namun tidak usaha kaget, jika saat mengunjungi kota Paris, Anda akan disuguhi pemandangan yang terlihat begitu menakjubkan. Tatanan kota yang teratur, indah, cantik dan sangat bersih memberikan perasaan kekaguman bagi siapapun yang melihat. Bahkan dapat dikatakan “Paris adalah kota dalam Taman.”

Sejenak saya membayangkan keadaan di tanah air yang sangat bertolak belakang dengan pemandangan indah di depan mata. Terbayang jalan-jalan yang sering saya lalui di kota Semarang, Tegal, Cirebon, Cikarang, Jakarta, Serang, Bandar Lampung, Palembang, Jambi, Padang, Pekan Baru, Medan, sampai ke Bandai Aceh. Mungkin yang saya bayangkan sama dengan bayangan Anda yang pernah berkunjung ke kota itu.

Drainase Kota Paris adalah salah satu karya yang bisa menjadikan kota ini tetap bersih dan rapi. Sistem pengelolaan air yang unik, tidak biasa (unusual), dan tentu saja berguna. Sampai kini, pemandangan water system di Paris masih terlihat dan terjaga.

Mungkin, sebagian besar penduduk kota Paris dan pemerintah Prancis yang sekuler yang pernah mengetahui bahwa “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan.” (HR. Muslim).

Namun, mengapa orang-orang barat yang sekuler, tidak menganut agama Islam dapat menerapkan kebersihan dan menata keindahan yang sedemikan rupa di negara mereka?

Ini merupakan sebuah tanda tanya besar yang hanya dapat dijawab oleh kesadaran diri sendiri.

Ditulis Oleh:
Aby Zamri
Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hikmah Muara Bulian, Batang Hari, Jambi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »