Gubernur Irwan Resmikan Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi

Gubernur Irwan Resmikan Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi
Gubernur Irwan Didampingi Wawako Emzali Menggunting Pita Peresmian. 
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meresmikan Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmi yang terletak di SMA Negeri 3 Padang, Sabtu, 8 Oktober 2016.

Pusat Kajian Islam itu dibangun atas bantuan dari Ikatan Alumni SMA N 3 (Ikasmantri). Menurut Irwan, peran alumni pada almamaternya yang positif seperti ini sangat meringankan pemerintah dalam mempersiapkan generasi penerus yang siap menghadapi tantangan zamannya.

"Kita harapkan wadah ini makin meningkatkan semangat mengkaji ilmu agama bagi para siswa di sini," ungkap Irwan yang juga pernah menuntut ilmu di SMA Negeri 3 Padang tersebut.

Wakil Walikota Padang Emzalmi Zaini yang juga hadir pada kesempatan itu mengapresiasi peran alumni dalam membangun sekolah, termasuk Pusat Kajian Islam Surau Nurul Ilmu tersebut. Ia mengatakan, pusat kajian ini dapat menunjang basis ekskul surau terhadap program keterpakaian di SMAN 3 Padang.

"Program ini berkenaan dengan kearifan budaya lokal berupa mengadopsi pola surau tempo dulu yang disesuaikan dengan pola surau modern saat ini. Kita di Pemko Padang memang menyelaraskan pembangunan agama, budaya dan pendidikan modern," ujar tokoh masyarakat Pauh Basa Ampek Baleh ini.

Kepala SMAN 3 Padang, Ramadansyah menyebutkan, terkait program ekskul surau tersebut para siswa akan ditempa untuk mempelajari antara lain tahfidz alquran, adzan, mampu menjadi imam, menyelenggarakan jenazah, memberi khutbah, ceramah, memimpin doa, debat ilmiah ala surau, kepandaian dasar padusi Minang, randai atau silek serta berbagai kewirausahaan.

“Upaya ini dalam rangka menyiapkan peserta didik yang mampu mengenal, memahami, menghayati dan mengimani ajaran agama islam. Sebagaimana kecerdasan sosial dan spiritual itu penting untuk bisa diaplikasikan bagi para siswa,” terangnya. (malin)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »