Kota Padang Kembali Dilanda Cuaca Ekstrim

Kota Padang Kembali Dilanda Cuaca Ekstrim
Ingin Kencang Tumbangkan Pohon. Fotdok: Humas Pemko Padang. 
BENTENGSUMBAR.COM - Sejak beberapa hari ini cuaca ekstrim kembali melanda Kota Padang. Cuaca kurang bersahabat itu ditandai dengan enggannya matahari menampakkan dirinya dan hujan dengan intensitas tinggi terjadi hampir setiap waktu.

Pemerintah Kota Padang melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK), Rudi Rinaldy menyebut bahwa dalam pekan kedua Oktober ini terus terjadi hujan dengan durasi lama di setiap harinya. Keadaan ini terjadi terutama pada 13-15 Oktober.

"Berdasarkan informasi melalui BMKG Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang, hujan durasi lama ini melanda Sumatera Barat bagian barat," terangnya, Jumat, 14 Oktober 2016.

Rudi mengingatkan warga untuk waspada terhadap cuaca yang tak bersahabat. Menurutnya, hujan deras durasi lama ini dapat memicu terjadinya musibah seperti banjir, longsor, pohon tumbang dan sebagainya.

"Kita harap warga berhati-hati dan tetap waspada," harapnya.

Diterangkan Rudi, penyebab terjadinya hujan durasi lama ini karena terdapat tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu serta terbentuknya pertemuan masa udara/konvergensi di Barat Mentawai. Hal ini mengakibatkan terjadinya potensi pembentukan awan-awan hujan di perairan Sumatera Barat.

Rudi mengungkapkan perlu diwaspadainya hujan intensitas sedang berdurasi lama (diatas 3 jam) yang diselingi hujan intensitas lebat khususnya di wilayah Mentawai dan Pesisir Pantai Sumatera Barat dan Sumatera Barat bagian barat Bukit Barisan.

"Khususnya pada malam hari hingga dini hari," sebut Rudi.

Rudi juga mengimbau warga mewaspadai angin kencang terutama di Pesisir Pantai, Mentawai, Solok dan sebagian Sumatera Barat bagian Barat. (Charlie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »