PADANG

SUMBAR

NASIONAL

Pariwisata

Ekonomi

POLITIK

HUKUM

Most Popular

Dukung Kawasan Wisata Bahari, Trase Jalan Baru Sungai Pisang Disiapkan

Walkil Walikota Padang Emzalmi menjelaskan kepada warga Sungai Pisang tentang rencana pembangunan jalan di daerah terbut.

Dukung Kawasan Wisata Bahari, Trase Jalan Baru Sungai Pisang Disiapkan
BENTENGSUMBAR.COM - Jalan baru sepanjang lebih kurang 9 KM dari Teluk Kabung ke Sungai Pisang telah disiapkan pemerintah sebagai akses utama menuju kawasan wisata bahari Sungai Pisang. Pemko Padang bersama Balai Jalan Provinsi Sumbar telah melakukan survei dan pemancangan, namun di beberapa titik ada yang perlu dikaji ulang.

Wakil Wali Kota Padang Emzalmi, saat meninjau daerah tersebut bersama Camat Bungus Teluk Kabung Zulkadri, Rabu, 19 April 2017, mengatakan, dari hasil pemantauan di lapangan dan kajian Pemerintah Kecamatan Bungus Teluk Kabung bersama Kelurahan Teluk Kabung dan Kelurahan Sungai Pisang, bahwa Pemko Padang akan kembali mengusulkan kepada Balai Jalan Sumbar untuk mengkaji kembali pembangunan jalan ke Sungai Pisang, terutama pada posisi nol kilometer di Kelurahan Teluk Kabung dan kilometer 7,5 hingga kilometer 9 di Kelurahan Sungai Pisang.

Dijelaskan Emzalmi, pada nol kilometer rencana awal pembangunan jalan tersebut, berada di jalan yang lama atau jalan yang ada sekarang, dan ada beberapa rumah yang harus dibebaskan terlebih dahulu. Sedangkan perencanaan Pemko Padang adalah pembuatan jalan baru yang tidak menempuh rumah warga.

“Pengalihan pembangunan jalan yang kita rencanakan tersebut ada sepanjang 200 meter di nol kilometer, setelah itu akan kembali tersambung dengan jalan yang lama,” ujar Emzalmi. “Dengan tidak menempuh pemukiman warga, berarti kita menghemat anggaran untuk ganti rugi untuk rumah warga,” tambah Emzalmi.

Selanjutnya, Pemko Padang juga akan mengusulkan pada kilometer 7,5 hingga 9 sepanjang 800 meter pembangunan jalan tersebut tidak memasuki kawasan perkampungan dan pusat pemerintahan Sungai Pisang, atau berada di jalan yang sudah ada sekarang. Karena intesitas kendaraan akan meningkat tajam ketika jalan baru yang direncanakan tersebut memiliki lebar 14 meter, dan itu akan memicu terjadinya kecelakaan.

“Kita ingin, dengan dibangunnya jalan ini, juga berimplikasi kepada pengembangan kawasan Sungai Pisang. Ketika jalan yang 800 meter tersebut diarahkan ke daerah pinggir Sungai Pisang, tentunya pembangunan daerah ini juga akan berkembang,” terang Emzalmi.

Ditambahkannya, Pemko Padang akan terus melakukan penguatan ke Balai Jalan Sumbar untuk bersama-sama kembali membahas usulan Pemko Padang ini, agar kedepannya pembangunan jalan bisa mengembangkan kawasan wisata bahari dan pembangunan wilayah Sungai Pisang. Apalagi pembangunan jalan tersebut juga direncanakan akan tembus ke daerah wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Pemprov Sumbar akan membantu pembebasan lahan sebesar 30 Miliar di anggaran perubahan 2017 ini. Berarti, pada tahun 2018 pembangunan fisik jalan Sungai Pisang telah bisa dimulai,” tutur Emzalmi. (LL/Fsl)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *