PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Rakor Bersama KPK, Sumbar Perkuat Komitmen Pemberantasan Korupsi

Gubernur Irwan Menandatangani Pakta Integritas Pada Rapat Koordinasi dan Supervisi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Provinsi Sumatera Barat di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Kamis, 27 April 2017.

Rakor Bersama KPK, Sumbar Perkuat Komitmen Pemberantasan Korupsi
BENTENGSUMBAR.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia meminta seluruh kepala daerah berkomitmen dalam pencegahan dan penindakan korupsi.

Termasuk unsur legislatif dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) agar melakukan aksi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.

"Komitmen ini jangan hanya seremoni dan tidak ada tindak lanjut dalam melakukan aksi, " tegas Pimpinan KPK RI Irjen Pol (Purn) Basaria Panjaitan dalam Rapat Koordinasi dan Supervisi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Provinsi Sumatera Barat di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Kamis, 27 April 2017.

Menurut Basaria, komitmen yang dituangkan dalam pakta integritas dan ditandatangani bersama seluruh unsur pimpinan daerah ini agar ada aksi yang lebih nyata dalam pemberantasan korupsi.

Di hadapan Gubernur, Kapolda, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Tinggi, para Walikota dan Bupati serta Inspektur se-provinsi Sumatera Barat ini, ia mengingatkan agar Pemerintah Daerah tidak terjebak dalam pembelian barang dan jasa.

"Hati-hati dalam pembelanjaan barang dan jasa. OPD terkait harus memperhatikan e-katalog yang jelas agar tidak bermasalah," sebutnya.

Pada kesempatan ini seluruh Walikota dan Bupati dari 19 kabupaten/kota serta Ketua DPRD seprovinsi Sumatera Barat melakukan penandatangan komitmen untuk mendukung terwujudnya pemerintahan yang bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Komitmen itu juga ditandatangani pimpinan KPK, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fachrizal, Ketua DPRD Sumbar dan Kajati.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, adanya pakta integritas memperkuat komitmen dalam pemberantasan korupsi.

Langkah yang dilakukan selain pembentukan tim saber pungli, juga memperkuat acuan dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Pencegahan korupsi diperkuat dengan adanya komitmen seluruh elemen pimpinan daerah ini, " ujarnya. (by/taf)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *