Jika Tertangkap, Anak Jalanan Masuk Barak Militer

Jika Tertangkap, Anak Jalanan Masuk Barak Militer
BENTENGSUMBAR.COM - Keberadaan anak jalanan (Anjal) kian meresahkan. Tak Ingin generasi penerus bangsa itu berada di jalur yang salah, Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada seluruh warganya untuk memberi perhatian lebih kepada Anjal.

"Mari laporkan kepada aparat jika ada anak jalanan yang mengganggu masyarakat," kata Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo saat berdialog tentang anak jalanan dan kenakalan remaja di salah satu radio swasta di Padang, Minggu, 28 Mei 2017 pagi.

Menangani Anjal, Pemko Padang berkomitmen akan memberi pembinaan lebih. Yakni dengan memasukkan mereka ke barak militer.

"Mereka yang tertangkap akan kita beri pelatihan militer," ungkap Mahyeldi.

Saat ini Pemko Padang melalui Dinas Sosial telah menjalin kerjasama dengan Yonif 133 Yudha Sakti, PT Semen Padang, dan Kementerian Agama Kota Padang. Kerjasama ini bertujuan agar Anjal di Padang terperhatikan dan tidak lagi turun ke jalan.

"Selama ini Anjal sangat mengganggu kenyamanan Kota Padang. Ketika ditangkap Satpol PP dan diserahkan ke Dinas Sosial, dibina, diberi pelatihan keterampilan, tetapi setelah itu mereka kembali ke jalanan karena mentalnya belum terbentuk," sebut Kepala Dinas Sosial melalui Sekretarisnya Afriadi.

Afriadi menyebut, dengan dilatih militer oleh Yonif 133 Yudha Sakti, setiap Anjal mendapat bekal, seperti pemahaman bela negara serta fisik. Tidak itu saja, setiap Anjal juga mendapat siraman rohani dari Kementerian Agama, serta pembentukan mental dan karakter melalui psikolog.

"Mudah-mudahan lewat pembinaan itu mereka jera dan tidak lagi meresahkan warga," tutur Afriadi.

"Terobosan yang kita lakukan dalam bentuk pembinaan kepada Anjal ini kita lakukan setelah lebaran nanti," tambahnya.

Jumat, 26 Mei 2017 kemaren, , pihak Dinas Sosial Kota Padang melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Dirut PT Semen Padang. Bertempat di ruang kerja Dirut PT Semen Padang, Kepala Dinas Sosial Amasrul, Sekretaris Dinas Sosial Afriadi dan jajaran kerjanya diterima Dirut Benny Wendri. Saat itu tercapai kesepakatan bahwa CSR PT Semen Padang akan membantu pembiayaan pembinaan Anjal tersebut.

'Kita mengimbau dan berharap BUMN dan BUMD lain juga ikut peduli memberi perhatian kepada Anjal," pungkas Afriadi.

(Charlie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »