Saudi Resmi Kuasai Kilang Minyak Terbesar Amerika

Saudi Resmi Kuasai Kilang Minyak Terbesar Amerika
BENTENGSUMBAR.COM - Saudi Aramco, perusahaan minyak milik Kerajaan Arab Saudi, resmi menguasai 100% kepemilikan kilang minyak Port Arthur di Texas, Senin (1/5). Port Arthur mampu memproses 600.000 berel minyak per hari dan menjadikannya kilang terbesar di Amerika Utara (AS, Kanada, Meksiko).

Aramco sebelumnya memiliki 50% saham Port Arthur lewat usaha patungan bersama Royal Dutch Shell (RDSA) dengan nama Motiva Enterprises.

Namun dua perusahaan minyak raksasa itu makin tidak akur dan pada Maret 2016 memutuskan untuk memisahkan aset-aset mereka. Shell membenarkan berakhirnya usaha patungan itu pada hari yang sama.

Selain Port Arthur, Aramco juga mengakuisisi 24 terminal distribusi dan mendapat hak eksklusif untuk menjual bensin dan solar merek Shell di Georgia, North Carolina, South Carolina, Virginia, Maryland, wilayah timur Texas, dan sebagian besar wilayah Florida.

Kesepakatan ini memungkinkan Aramco untuk makin menancapkan kuku di salah satu pasar terbesarnya -- Amerika Serikat -- menjelang penawaran saham perdana (IPO) yang dijadwalkan tahun depan.

Dengan menguasai kilang terbesar di AS, Arab Saudi bisa mengirim lebih banyak minyak mentah ke AS untuk diproses dan dijual kepada para pemilik kendaraan di Amerika Utara.

Arab Saudi adalah pemasok minyak mentah terbesar kedua untuk Amerika Serikat setelah Kanada. AS mengimpor 1,3 juta barel minyak mentah per hari dari Arab Saudi pada Februari lalu, naik 32% dari bulan yang sama tahun sebelumnya.

Pemerintah Arab Saudi mengharapkan bahwa IPO Aramco akan mencapai nilai US$ 2 triliun. Turunnya harga minyak dalam beberapa tahun terakhir membuat anggaran kerajaan kacau sehingga IPO nanti harus terhindar dari masalah.

(ongga/bsc)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »