PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Buka Festival Randai di Pauh, Wawako: Dapat Bentuk Karakter Anak

Kedatangan Wawako H. Emzalmi dengan rombongan dan Ketua KAN Pauh disambut Panitia dengan Tari Galombang.

BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Walikota Padang H. Emzalmi Zaini membuka Festival Randai se-Kota Padang yang dilaksakan Sanggar Gunung Nago Saiyo,  Minggu,  13 Agustus 2017 malam. 

Pada kesempatan itu,  Wawako Emzalmi mengatakan,  tak hanya sekedar festival Randai,  tapi kegiatan ini dapat memperkenalkan Sangar Gunung Nago Saiyo ke dunia luar. 

"Saya melihat penampilan anak-anak kita tadi sudah bagus dan tak kalah dengan sanggar lainnya.  Mereka dengan percaya diri memainkan jurus silat dan tari penyambutan tadi," ungkap wawako. 

Festival ini,  kata wawako,  dapat dijadikan ajang evaluasi terhadap anak didik di Sanggar Gunung Nago Saiyo. Pasalnya,  melalui festival ini dapat dilihat penampilan sanggar-sanggar lainnya. 

"Kita dapat melihat melalui festival ini, di mana kelebihan dan kekurangan kita.  Namun,  terlepas dari itu,  kami mengapresiasi panitia," cakapnya. 

Tak lupa,  wawako mengingatkan,  agar orang tua menjaga anak-anak mereka dari pengaruh budaya luar.  Apatah lagi,  kecanggihan teknologi saat ini,  dengan adanya internet dan media sosial,  berperan besar dalam membentuk karakter anak. 

"Adat budaya dan agama kita dapat menjadi benteng terhadap anak-anak kita dari pengaruh itu semua,  termasuk pengaruh narkoba.  Randai dan silek dapat membentuk karakter anak," ungkapnya. 

Wawako mengatakan,  festival ini dapat menjadi agenda di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang.  Apalagi,  keindahan alam Gunung Nago nan asri punya nilai jual dari segi pariwisata. 

Sementara itu,  Ketua Perguruan Gunung Nago Saiyo,  A.  Yaris Ampang Basa berharap,  Pemerintah Kota Padang memperhatikan sanggar yang ada di Kota Padang. 

"Kita berharap,  pemko memberikan perhatian terhadap perkembangan seni budaya di daerah ini.  Terutama sanggar-sanggar yang ada di Kota Padang," cakapnya. 

Hadir pada kesempatan itu,  Ketua KAN Pauh V Matius Panduko Malin Marajo, Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN)  Pauh IX Kota Padang,  Camat Pauh, dan ninik mamak se Pauh V. 

(by) 

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *