Sekolah Diliburkan Pada Hari Sabtu, Begini Penjelasan Sekdaprov Sumbar

BENTENGSUMBAR. COM - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatra Barat (Sumbar), Ali Asmar mengumumkan libur sekolah pada hari Sabtu, 2 September 2017, sehubungan dengan Hari Raya Idul Adha 1438 H jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017 dan mengingat hari Tasyrik.

Selain itu, di beberapa Masjid dan Mushola di Kabupaten/Kota di Sumbar ada yang menyelenggarakan ibadah Qurban hari Sabtu, 2 September 2017.

Hal itu disampaikan Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar usai membuka rapat pembentukan Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia Komisariat Provinsi Sumbar, Rabu, 30 Agustus 2017, di ruang rapat Sekda.

"Iya karena jatuh hari raya Idul Adha pada hari Jumat. Dan, biasa selesai shalat melaksanakan langsung melaksanakan ibadah Qurban. Namun melihat waktu yang sempit kebanyakan Masjid dan Mushala otomatis akan menyembelih hewan Qurban pada hari Sabtu. Untuk itu secara lisan telah saya arahkan untuk meliburkan sekolah pada hari Sabtu," ujar 

Dikatakannya, dengan liburnya siswa sekolah pada hari Sabtu nanti, mereka dapat menyaksikan dan ikut berperan untuk ikut dengan orang tuanya menyaksikan maupun membantu pelaksanaan ibadah Qurban di Masjid/ Mushala lingkungan masing-masing.

"Jadi pelajar SMP maupun SMA dapat menjadikan ini pembelajaran untuk dapat ikut andil dalam pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban. Tetapi, mesti dibimbing orangtuanya," tukasnya.

Menindaklanjuti arahan Sekdaprov Sumbar tersebut Dinas Pendidikan Sumbar telah membuat surat edaran yang ditujukan kepada Korwas, Ketua MKKS Kabupaten/Kota, Kepala SMA/SMK/LB se-Sumbar dengan nomor surat 451/2337/P.SMA-2017. 

(Zardi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »