PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

70,9% Puas dengan Kinerja Pembangunan Jokowi-JK, Ini Penjelasan Peneliti CSIS

Hanya 28,4% yang menganggap Jokowi-JK gagal dalam pembangunan.

70,9% Puas dengan Kinerja Pembangunan Jokowi-JK, Ini Penjelasan Peneliti CSIS
BENTENGSUMBAR.COM -  Rakyat menaruh respons positif terhadap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Selama tiga tahun memimpin, keduanya dianggap berhasil membangun Indonesia atau lebih baik dibanding periode yang sama pada pemerintahan sebelumnya.

“Kalau kita lihat dari segi pembangunan itu angkanya sangat jomplang sekali, 70,9% mengatakan kondisi pembangunan Indonesia itu baik dibandingkan lima tahun lalu,” ujar Peneliti CSIS bidang Departemen Politik dan Hubungan Internasional Arya Fernandes saat memaparkan hasil riset di kantornya, Jakarta, Selasa, 12 September 2017.

Arya mengatakan, hanya 28,4% yang menganggap Jokowi-JK gagal dalam pembangunan. Menurut dia, tingginya kepuasan pada sektor pembangunan menjadi sumbangan terbesar masyarakat pada kinerja Jokowi-JK yang mencapai 68,3%.

“Jadi sumbangan besar kepuasan juga dari sektor pembangunan,” kata Arya.

Meski demikian pada bidang ekonomi, diakui Arya, masyarakat belum melihat banyak perubahan dibanding pemerintahan sebelumnya. Baik secara nasional maupun kondisi perekonomian di tiap keluarga.

“Data ini menujukkan bahwa pada bidang ekonomi dibandingkan pemerintahan sebelumnya memang tidak menunjukkan peningkatan signifikan,” tutupnya.

Survei CSIS dilakukan pada 23-30 Agustus 2017, melibatkan 1.000 responden berusia 17 tahun ke atas yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Penarikan sampel dilakukan secara acak (probability sampling) secara multistage random sampling dengan margin eror +/- 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

(malin/sindonews)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *