Homestay Perjuangan Madani Raih Penghargaan Peringkat 2 Terbaik Nasional

Homestay Perjuangan Madani Raih Penghargaan Peringkat 2 Terbaik Nasional
BENTENGSUMBAR.COM - Homestay Perjuangan Madani yang terdapat di Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam baru saja mendapatkan penghargaan sebagai peringkat 2 terbaik nasional dalam lomba Apresiasi Usaha Masyarakat Bidang Pariwisata Kategori Homestay. Hal ini semakin mengukuhkan Kecamatan Matur sebagai salah satu Kecamatan dengan perkembangan kepariwisataan terdepan di Kabupaten Agam. 

Camat Matur Tommy TRD, S.STP mengaku turut bangga akan prestasi yang diraih oleh Homestay Perjuangan Madani di Nagari Lawang. Prestasi ini tentu tidak akan mungkin diraih tanpa dukungan semua pihak, oleh karena itu ia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap masyarakat nagari Lawang, Wali Nagari, Bamus, KAN dan juga kepada Pemerintah Kabupaten Agam terutama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam.

Menurutnya, keberhasilan homestay Perjuangan Madani ini meraih peringkat 2 terbaik nasional ini tidak terlepas dari penilaian standar pelayanan yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata. Berbagai macam fasilitas yang tersedia di homestay ini bisa dikatakan sulit untuk ditemukan di homestay sekelasnya. Salah satu yang paling mencolok adalah fasilitas ruang pustaka yang memiliki koleksi buku lebih dari 5000 judul buku. 

“Homestay Perjuangan Madani ini membuktikan bahwa business is more than just a business. Homestay ini memiliki ruang pustaka yang memiliki lebih dari 5000 judul buku dan bisa dinikmati dengan gratis oleh masyarakat sekitar, terutama oleh generasi muda. Tidak cukup itu saja, setiap sore homestay ini menggelar pelatihan bahasa inggris bagi anak-anak di sekitar lingkungan homestay, dan itu semua tanpa dibebankan biaya. Saya rasa hal semacam ini adalah sebuah nilai lebih yang sangat pantas untuk diapresiasi dan semoga menjadi contoh bagi pengelola homestay lain di Kecamatan Matur,” ujarnya.  

Keberhasilan meraih prestasi di tingkat nasional ini diharapkan kembali menempatkan Matur sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat. Sebagaimana yang diamanatkan oleh Bupati Agam yang mengharapkan agar Matur kembali menjadi daerah tujuan wisata yang diunggulkan khususnya di Propinsi Sumatera Barat.

"Untuk itu kami akan berusaha semaksimal mungkin agar amanat beliau bisa diwujudkan. Kami akan berusaha untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait pengembangan kepariwisataan di Kecamatan Matur. Tentu akan membutuhkan waktu untuk sampai ke target yang ditetapkan, tapi selama kami berada di track yang tepat, maka tidak ada masalah,” ungkapnya. 

Semoga dengan prestasi ini, ulas Tommy, akan memberikan motivasi kepada pengusaha homestay yang terdapat di Kecamatan Matur untuk selalu berbenah dalam rangka memenuhi standar pelayanan tingkat nasional dan ASEAN yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata. Sehingga ke depan Matur akan kembali dengan kuat sebagai salah satu tujuan wisata yang membanggakan. 

(Abu Umar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »