Salat Idul Qurban di Surau Rumah Gadang, Khatib Ajak Jamaah Teladani Nabi Ibrahim as

Salat Idul Qurban di Surau Rumah Gadang, Khatib Ajak Jamaah Teladani Nabi Ibrahim as
BENTENGSUMBAR. COM - Jamaah Surau Gadang Kelurahan Piai Tangah Kecamatan Pauh melaksanakan salat Idul Adha hari ini, Jumat, 1 September 2017.

Salat dipimpin langsung oleh Buya Irwan, imam tetap Surau Rumah Gadang. Sebelum salat dimulai, Buya Irwan mengingatkan kembali jemaah tentang tata cara salat Idul Adha yang dilaksanakan satu kali setahun.

Setelah salat, dilanjutkan pembacaan Khotbah. Pada kesempatan itu, khatib mengingatkan jamaah tentang pengorbanan Nabi Ismail as, putra Nabi Ibrahim as.

"Allah meminta anak yang paling dicintai Nabi Ibrahim as. Anak yang sudah lama dinanti kehadirannya oleh Nabi Ibrahim. Namun, setelah anak itu lahir dan sedang disayang-sayangnya, Allah meminta anak itu untuk dikorbankan," ungkap khatib.

Nabi Ibrahim as diuji ketika menanti kehadiran Ismail ke dunia. Tapi setelah lahir, diuji lagi oleh Allah dengan perintah mengorbankan Ismail.

"Nabi Ibrahim as dengan ikhlas melaksanakan perintah Allah itu. Makanya, Allah menyatakan Ibrahim lulus ujian. Untuk itu, mari kita teladani pengorbanan Nabi Ibrahim as tersebut," lanjutnya.

Pada pelaksanaan salat Id tersebut, juga dikumpulkan infak dan sadakah. Terkumpul pada kesempatan tersebut Rp4 juta.

Saat ini, Surau Rumah Gadang sedang dalam tahap pembangunan dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya, sehingga tidak menghilangkan nilai sejarah.

(malin)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »