PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Dubes AS untuk PBB: Washington Ingin Hentikan Iran Jadi Seperti Korut

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley.

Dubes AS untuk PBB: Washington Ingin Hentikan Iran Jadi Seperti Korut
BENTENGSUMBAR. COM - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley mengatakan, Washington akan tetap berada dalam kesepakatan nuklir untuk sementara waktu. Menurut Haley pemerintahan Trump ingin menimbang respons proporsional terhadap tindakan Teheran di panggung dunia.

"Saya pikir sekarang, Anda akan melihat kami bertahan dalam kesepakatan ini. Karena apa harapan kita adalah kita bisa memperbaiki situasi. Dan itulah tujuannya," kata Haley merujuk pada kekhawatiran atas uji coba rudal balistik Iran, penjualan senjata internasional dan terorisme yang disponsori negara Mullah itu.

Haley juga mengatakan alasan AS melihat secara dekat kesepakatan nuklir Iran karena meningkatnya ketegangan mengenai pengembangan senjata nuklir Korea Utara (Korut).

"Apa yang kita katakan sekarang dengan Iran adalah jangan biarkan Teheran menjadi seperti Korea Utara," terangnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu, 15 Oktober 2017.

Pada hari Jumat, Trump menolak untuk secara formal menyatakan bahwa Iran memenuhi persyaratan kesepakatan internasional 2015 yang ditujukan untuk memantau dan mengendalikan program nuklir negara tersebut.

Kongres AS sekarang memiliki waktu 60 hari untuk memutuskan apakah akan mengajukan sanksi ekonomi kepada Teheran yang dicabut berdasarkan kesepakatan tersebut.

"Kami tidak mengatakan bahwa mereka melanggar kesepakatan," tegas Haley.

"Kami harus meminta pertanggungjawaban mereka. Mereka tidak dapat terus mendukung terorisme di seluruh dunia seperti yang kita lihat. Mereka tidak bisa terus menguji rudal balistik, yang akan mengarah ke nuklir. Mereka tidak bisa terus melakukan penyelundupan senjata," ucap Haley.

Haley mengatakan bahwa negara-negara lain menutup mata terhadap kegiatan oleh Iran ini untuk melindungi perjanjian nuklir tersebut.

(Sumber: sindonews.com)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *