Gubernur Irwan Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Politik Kebangsaan Perspektif Gender

Gubernur Irwan Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Politik Kebangsaan Perspektif Gender
BENTENGSUMBAR. COM - Sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno membuka membuka acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Politik Kebangsaan Perspektif Gender Provinsi Sumbar di Convention Hall Bung Hatta Bukittinggi, Selasa, 17 Oktober 2017.

"Indek Development Gender (IDG) Sumbar tertinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya sistem matrilineal yang telah menjadi budaya di Sumatera Barat. Disamping budaya egaliter dan suasana demokratis yang telah tertanam dalam keseharian kita," ungkap Irwan. 

Namun, menurut Irwan, disisi Indeks Pemberdayaan Gender (IPG), Sumbar menempati urutan ke 11 di Indonesia. Hal ini dilihat dari peranan perempuan dalam kekuasaan dan politik. Jumlah anggota  DPRD perempuan masih sedikit, apalagi belum ada Kepala Daerah yang perempuan di Sumbar. 

"Artinya, perempuan Sumatera Barat potensial dalam pembangunan gender, namun masih perlu ditingkatkan dalam keberperanannya dalam lingkaran politik, pemerintahan dan kekuasaan," ujarnya.

Dikatakannya, peningkatan IPG ini bisa dilakukan, jika mindset kaum perempuan dalam berpolitik berada dalam patron yang tepat. Perlu peningkatan wawasan dalam berpolitik praktis dan lain lain. 

Berdasarkan data statistik, jumlah pemilih perempuan lebih banyak dari pemilih laki-laki, harusnya anggota legislatif lebih banyak dari kaum perempuan. Namun yang terjadi justru sebaliknya, laki-laki lebih banyak dalam lingkaran politik dan kekuasaan. Setidaknya, minimal 30% seperti yang dimanatkan Undang-undang, anggota legislatif adalah perempuan. 

Irwan mengakui, kuota yang diamanatkan Undang-undang tersebut belum terpenuhi di manapun daerah di Sumbar.

"Saya berharap, dengan pelatihan ini, mindset kaum perempuan berobah dan semoga di lembaga legislatif nantinya, keterwakilan perempuan lebih banyak dari kondisi saat ini dan semoga juga kedepan ada Kepala Daerah di sumbar yang berasal dari kaum perempuan," cakapnya.

(jr)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »