PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Dewan HAM PBB Kecam Tindakan Myanmar Terhadap Muslim di Rohingya

Muslim di Rohingya di pengunsian.

Dewan HAM PBB Kecam Tindakan Myanmar Terhadap Muslim di Rohingya
BENTENGSUMBAR. COM - Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengadopsi sebuah resolusi yang mengecam tindakan pemerintah Myanmar terhadap Muslim di Rohingya.

Resolusi meminta Zeid Ra'ad Al Hussein, Komisaris Tinggi Dewan HAM PBB, untuk menindaklanjuti situasi warga Muslim Rohingya di Myanmar. Demikian dilaporkan kantor berita IRNA.

Dewan HAM PBB pada Selasa, 5 Desember 2017 menggelar sidang khusus untuk membahas situasi Muslim Rohingya di Provinsi Rakhineh, Myanmar. Dewan meloloskan sebuah resolusi dengan 33 suara setuju, tiga menolak dan sembilan abstain.

Dalam resolusi ini, Ra'ad Al Hussein diminta untuk menindaklanjuti perkembangan situasi Muslim Rohingya dan menyerahkan laporan pada pertemuan mendatang Dewan.

Pada kesempatan itu, Ra'ad Al Hussein mengutuk tindakan represif yang dilakukan oleh militer dan ekstremis Budha Myanmar terhadap warga Muslim Rohingya.

"Sampai 2 Desember 2017, sekitar 626.000 orang telah melarikan diri dari Provinsi Rakhine ke Bangladesh, dan orang-orang Muslim Rohingya masih terus mengungsi," ujarnya.

Lebih dari satu juta Muslim tinggal di Rakhine, di mana pemerintah Myanmar tidak mengakui mereka sebagai warga negara Myanmar dan merampas hak-hak mereka.

(ibnu/parstoday)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *