PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Dibanding Jenderal Gatot, AHY Lebih Difavoritkan Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersalaman dengan Presiden Jokowi.

Dibanding Jenderal Gatot, AHY Lebih Difavoritkan Dampingi Jokowi di Pilpres 2019
BENTENGSUMBAR. COM - Nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) rupanya digemari mayoritas responden untuk mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Berdasarkan hasil survei yang digelari Indo Barometer, AHY mengantongi suara mencapai 17 persen.

Direktur Indo Barometer Mohammad Qodari menuturkan, salah satu alasan kenapa nama AHY digemari mendampingi Jokowi karena usianya yang masih muda dan ada kecenderungan menjadi alternatif yang baik.

"Saat ini, mayoritas masyarakat di dunia menggemari pemimpin yang muda. Seperti di Kanada, Austria dan Perancis yang pemimpinnya berusia muda," kata Qodari dalam acara 'Siapa Penantang Potensial Jokowi di 2019' di Hotel Atlet Century Park, Jalan Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, 3 Desember 2017.

Qodari melanjutkan, di urutan kedua ada nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sebesar 15,9 persen, Ridwan Kamil 9,5 persen, mantan Panglima Jenderal Moeldoko 3 persen disusul Puan Maharani 2,8 persen.

"Sementara, nama-nama yang cenderung dekat dengan Jokowi seperti Tito Karnavian dan Budi Gunawan, sama sekali tak dipilih responden," ujarnya.

Faktor lainnya adalah, responden ingin Wapres Jokowi dari kalangan militer (22,5 persen), berpengalaman di pemerintahan (14,3 persen) dan dekat dengan rakyat (12,3 persen).

"Faktor lainnya adalah menguasai dunia internasional, pintar, berwibawa, bersih dari korupsi dan agamis," tutup Qodari.

Sekadar informasi, survei ini digelar di 34 provinsi pada 15-23 November 2017 dengan jumlah sampel mencapai 1.200 responden dengan margin of erorr ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

"Kami menggunaan multistage random sampling. Yakni dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner," tutup Qodari.

(Sumber: kricom)

Iklan Alex Indra Lukman
Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *