Gubernur Irwan Buka Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing di RS Unand

Gubernur Irwan Buka Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing di RS Unand
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno membuka acara bakti sosial Operasi Bibir Sumbing dan Lelangit di rumah sakit Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 17 Maret 2018.

"Saya menyampaikan apresiasi atas kegiatan sosial ini yang merupakan bentuk nyata aksi peduli dan sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan. Semoga kegiatan dan aksi sosial ini mendapatkan ridho Allah SWT dan menjadi amal bagi kita semua," ujar Gubernur Irwan.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumbar segera mendata penderita bibir sumbing di seluruh kabupaten dan kota guna diarahkan dioperasi pada rumah sakit terdekat.

"Kami akan mengumpulkan data jumlah penderita kelainan tersebut kemudian masyarakat dapat memanfaatkan rumah sakit atau klinik terdekat yang melakukan operasi tersebut," ungkapnya. 

Ia mengatakan, hingga saat ini jumlah penderita bibir sumbing di Sumbar belum dipastikan jumlahnya, meski sudah banyak kegiatan operasi di beberapa daerah. Untuk itu pihaknya melalui dinas kesehatan akan mengidentifikasi dan meninjau ke beberapa daerah yang diprediksi banyak penderita.

Tidak hanya itu pihaknya juga mendorong rumah sakit atau masyarakat yang memiliki kepedulian sosial untuk melaksanakan operasi bibir sumbing, seperti yang dilaksanakan Unand. Kemudian juga melakukan sosialisasi terkait pencegahan dini bibir sumbing tersebut.

"Kebanyakan masyarakat yang terkena dari keluarga tidak mampu dan tidak mengenal pengetahuan ke arah itu. Makanya perlu digencarkan sosialisasi," tukuknya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »