Wagub Nasrul Abit Ajak Perantau Membangun Kampung Halaman

Wagub Nasrul Abit Ajak Perantau Membangun Kampung Halaman
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit mengharapkan perantau berperan besar dalam memajukan daerah tempat tinggal dan kampung halaman mereka. Bahkan, ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi setiap kegiatan para perantau dimana pun mereka berdomisili. 

"Apalagi kegiatan itu secara kelompok, seperti yang dilaksanakan Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS) Provinsi Bali ini," ungkapnya pada pengukuhan dan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Minang Saiyo (IKMS) Provinsi Bali Periode 2018 -2022 di Gedung Serba Guna IKMS Bali, Minggu, 25 Maret 2018. 

Ia mengatakan, budaya merantau bagi orang Minang menang sebuah spirit membangun kepercayaan diri untuk "mambangkik batang tarandam" dan siap bersaing menghadapi berbagai tantangan dalam meraih hidup yang lebih baik. Ini dapat dilihat pada petatah petitih orang Minangkabau itu sendiri. 

"Karantau madang di Ulu,
babuah babungo balun,
Marantau Bujang dahulu,
di kampuang paguno balun. 

Elok-elok manyubarang,
Jan sampai pandayuang patah,
Elok-elok di rantau urang,
Jan sampai babuek salah. 

Pancaringek di tapi aia,
Babungo mang ko babuah
Ingek-ingek Tuan balaia
Lauik sati, Rantau batuah."

Ia mengatakan, dalam era kekinian, pembangunan Sumatera Barat tetap memiliki semangat ranah dan rantau. Artinya, kemajuan pembangunan Sumbar yang ada saat ini tidak terlepas dari semangat kebersamaan masyarakat dan seluruh stekholer Sumatera Barat yang ada di daerah juga yang ada di rantau. 

"Kita meyaksikan, pembangunan nagari melibatkan para perantau dengan semangat tagak kampuang, tagak nagari,  dimana setiap orang Minang merasa memiliki tanggungjawab moril dalam memajukan kampung halamannya sendiri," urainya. 

Dikatakannya, harga diri dalam memajukan martabat daerah menjadi karakter budaya orang Minang sejak dahulunya,  tinggal saat ini untuk mengimplementasikannya dalam memajukan nagari, dan memajukan pembangunan Sumatera Barat.

"Kami berharap, dengan dilantiknya Pengurus IKMS Provinsi Bali bisa mempererat silaturahmi dan bisa mengkoordinasikan serta merangkul seluruh panguyuban yang berasal dari masyarakat Minangkabau," ujarnya.

IKMS  Bali dan semua masyarakat Bali yang berasal dari Sumatera Barat semoga selalu menjadi masyarakat yang baik, tertib dan mampu membangun bersama dengan pemerintahan Bali. Ikut berpartisipasi dalam memajukan pembangunan daerah Bali sebagai semangat "dima bumi dipijak,  di situ langit dijunjung" seiring dengan keberhasilan pengembangan diri terhadap profesi pekerjaan dimiliki, urainya.  

"Dan dari semua keberhasilan didaerah rantau Bali ini, tentu para perantau Keluarga Besar Minang selalu peduli dengan ranah bundo, "sato sakaki"  memajukan kampung halaman Sumatera Barat. Pelaksanaan pembangunan Sumatera Barat saat ini terus membenahi infrastruktur sarana dan prasarana dalam meningkatkan daya saing daerah," ujarnya. 

"Kita tidak mungkin lagi menutup diri dalam memajukan pembangunan daerah. Bantuan banyak pihak,  pemerintah pusat, para investor termasuk dari perantau, sangatlah penting saat ini," sambungnya. 

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »