Wagub Nasrul Abit Ungkap Pelaksanaan UN SMA dan MA 2018 di Sumbar Berjalan Lancar

Wagub Nasrul Abit Ungkap Pelaksanaan UN SMA dan MA 2018 di Sumbar Berjalan Lancar
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit menyebut, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA dan MA tahun 2018 di daerah ini berjalan dengan lancar dan tertib. Pasalnya, semua siswa dapat mengikuti dengan baik pelaksanaan UN tersebut, tanpa ada kendala yang berarti. 

Namun ia mengakui, pelaksanaan UN di Sumbar memang masiha ada 13 persen yang belum berbasis komputer. Ini disebabkan masih sekolah yang belum memiliki kelengkapan komputer, disamping belum adaanya jaringan listrik dan internet. 

Ia mengatakan, dari segi persentase, Pesisir Selatan termasuk daerah yang masih rendah dalam pelaksanaan UNBK. 60 persen masih UN dengan menggunakan kertas dan pencil karena peralatan komputer masih kurang. Dari data 23 SMA di Pessel, baru 5 sekolah dengan jumlah siswa peserta 1.380 yang UNBK dan 16 sekolah  dengan siswa peserta 3.886 UNKP. Sementara dari 16 MA, 7 sekolah dengan siswa peserta 547 UNBK dan 9 sekolah dari siswa peserta 784 masih UNKP.

"Kita berharap pada tahun 2019, semua SMA dan MA sudah UNBK. Nanti akan kita bicarakan dengan Pak Gubernur,  DPRD Sumbar bersama Dinas Pendidikan bagaimana mencari solusi dan pengadaan yang bagaimana,  karena jika ditotal akan memakan biaya besar," ujarnya di sela-sela pemantauan UN di Pesisir Selatan bersama Kadis Pendidikan Sumbar  Busharman Bur,  Kamis, 12 April 2018. 

Menurutnya, minimal bagi daerah yang telah memiliki jaringan listrik dan internet, akan dibantu dengan pengadaan komputer. Ia berharap ada BUMN yang mau menyumbang melalui dana CSR dan pihak-pihak lain yang dapat membantu. Ia mengungkapkan, akan ada penambahan penerimaan jumlah siswa berprestasi di sekolah favorit, sebagai upaya percepatan meningkatkan daya saing siswa dengan kualitas yang terbaik. 

"Penambahan pembinaan sekolah favorit di berbagai daerah kabupaten/kota di Sumatera Barat, sehingga semua anak-anak berprestasi terbaik dimasing-masing daerah dapat tersalurkan dalam meningkatkan kemampuan daya saingnya. Ini menjadi sangat penting dalam rangka menyiapkan SDM Sumbar yang cerdas, inovatif, kreatif,  berkarakter dan berdudaya menghadapi tantangan global dan pasar bebas, hari ini dan esok. Jika kita tidak menyikapi ini dengan baik, kita khawatir generasi mudah kita tidak siap dan terbawa arus globalisasi dan menjadi tamu di negeri sendiri," tegasnya.

Wagub Nasrul Abit dan rombongan melakukan peninjauan pelaksanaan akhir UN SMA dan MA 2018 di SMAN 2 dan SMAN 1 Koto XI Tarusan, sekolah SMA Negeri 2 Painan,  SMAN 3 Unggul Pessel dan SMAN 2 Bayang.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi Syahrir

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »