Jokowi: Angka Dari Mana 99% Rakyat Kita Hidup Miskin?

Jokowi: Angka Dari Mana 99% Rakyat Kita Hidup Miskin?
BENTENGSUMBAR. COM - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) mempertanyakan data soal 99 persen rakyat Indonesia hidup miskin. Jokowi menegaskan angka kemiskinan di Indonesia sudah turun sejak tahun 2015.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para calon legislatif parpol Koalisi Indonesia Kerja dan Konsolidasi Pemenangan Pilpres Tim Kampanye Daerah (TKD) di Hotel Asrilia, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Sabtu, 10 November 2018.

Jokowi menyinggung adanya pihak yang menyebut 99 persen rakyat Indonesia hidup miskin.

"Ada yang ngomong 99 persen rakyat kita hidup miskin dan pas-pasan. Benar nggak?" kata Jokowi.

"99 persen angka dari mana?" imbuhnya.

Jokowi mengatakan, sejak tahun 2015 angka kemiskinan di Indonesia terus turun. "Dari 11,1 persen, turun 2016 10,7 sekarang di 9,8. Sudah satu digit Sekarang ini. Kita berusaha terus tapi dengan angka-angka. Jangan kalau ngomong kan mudah. Kita ini kan ngomong tapi ada angkanya," katanya.

Ketimpangan gini ratio dulunya sebesar 0,41, namun sekarang sudah 0,38. "Gini-gini kan angkanya harus ditunjukkan, kalau enggak nanti dipikir, karena ketimpangan sudah berjalan puluhan tahun, bertahun-tahun yang lalu. Sekarang sudah masuk ke proses penurunan," katanya.

Jokowi mengatakan, saat ini setiap tahunnya mobil di Indonesia terjual sebanyak 1,1 juta unit. Sementara untuk sepeda motor terjual sebanyak 6,5 juta.

"Beli pakai apa sepeda motor sama mobil? Ya pakai uang kan. Hal seperti ini harus dijelaskan. Kalau tidak dijelaskan nanti dipikir kita berada pada posisi semakin miskin, ekonomi semakin tidak baik. Penjelasan seperti ini yang diperlukan dalam rangka kita pileg dan pilpres 2019," jelasnya.

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »