Kecam Pernyataan Prabowo soal Kedubes Australia, FUIB Tarik Dukungan

Kecam Pernyataan Prabowo soal Kedubes Australia, FUIB Tarik Dukungan
BENTENGSUMBAR. COM - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) kemarin menggelar aksi demo di depan Kantor DPP Partai Gerindra. Aksi demo itu untuk mengecam pernyataan Prabowo Subianto soal rencana pemindahan Kedubes Australia untuk Israel ke Yerusalem. 

"Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) sangat mengecam terhadap tindakan yang diambil oleh pemerintah Australia terkait rencana pemindahan KEDUBES Australia di Yerussalem, FUIB juga sangat menyesalkan pernyataan Prabowo Subianto yang bersikap seakan mendukung terjadinya pemindahan KEDUBES Australia di Yerussalem seperti yang disampaikan Prabowo dalam Pidatonya di Indonesia Economic Forum 2018 di Jakarta pada Rabu 21/11 kemarin, dimana Prabowo tidak mempermasalahkan pemindahan KEDUBES Australia di Yerussalem," kata Ketua Umum FUIB, Rahmat Himran, dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 November 2018. 

Aksi tersebut, kata Rahmat, juga sebagai bentuk kepedulian FUIB kepada kemerdekaan Palestina. Mengingat, hingga kini penjajahan Israel ke Palestina belum juga berakhir. 

"Ditengah pertikaian kedua Negara Tersebut kini bermunculan isu terkait rencana pemindahan KEDUBES Australia di Israel yaitu dari Tel Aviv ke Yerussalem. Hal ini tentunya sangat merugikan Palestina karena dengan adanya pemindahan KEDUBES Australia di Yerusalem sama saja Australia mengakui kemerdekaan Israel terhadap Palestina," ujarnya. 

Rahmat mengatakan, ada sejumlah tuntutan yang ditujukan kepada Prabowo dalam aksi itu. Salah satunya, meminta Ketum Partai Gerindra itu meminta maaf. 

"Meminta Prabowo Subianto Agar segera meminta maaf kepada ummat Islam dan bangsa Indonesia," katanya. 

Menurut Rahmat, pernyataan capres nomor urut 02 itu sangat melukai hati umat Islam. Hal itu, juga akan mempengaruhi hubungan antara Indonesia dan Palestina. 

"Apalagi Prabowo saat ini sebagai calon presiden. Dengan adanya pidato tersebut maka secara resmi FUIB menarik dukungan terhadap Prabowo sebagai capres," ujar Rahmat.

Sebelumnya, pernyataan Prabowo yang menghormati kedaulatan Australia dalam rencana pemindahan kedubesnya ke Yerusalem menjadi polemik. Pernyataan itu keluar saat dia berpidato dalam Indonesia Economic Forum 2018.

"Saya belum membaca soal keputusan Australia memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Kita sebagai pendukung Palestina, kita tentu punya pendapat sendiri. Tapi Australia juga merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus menghormati kedaulatan mereka," ucap Prabowo.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno sudah memberi penjelasan soal pernyataan eks Danjen Kopassus itu. Prabowo ditegaskan tetap mendukung Palestina.

"Prabowo jelas sangat tegas mendukung kemerdekaan Palestina dan mengecam langkah Israel memindahkan ibu kota negaranya ke Yerusalem. Prabowo juga aktif menyuarakan kemerdekaan Palestina, bahkan juga hadir dalam aksi-aksi dan memberikan sumbangan ketika berlangsung aksi bela Palestina," urai jubir BPN Prabowo-Sandi, Viva Yoga Mauladi.

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »